Sabtu, 20/04/2024 15:10 WIB

Dokter Pakistan yang Gunakan Jarum Suntik Menular Virus HIV Diringkus

Kasus itu baru ketahuan pekan lalau setelah 18 anak yang tinggal di pinggiran kota dinyatakan positif terkena virus, yang menyebabkan AIDS.

HIVS/AIDS

Pakistan, Jurnas.com - Setidaknya 90 orang, termasuk 65 anak-anak terjangkit virus HIV di Pakistan lewat jarum suntik seorang dokter.

"Kami telah menangkap seorang dokter setelah menerima keluhan dari otoritas kesehatan," kata Kamran Nawaz, kepala polisi setempat yang memimpin kasus di kota selatan Larkana, Jumat (3/5).

"Kami diberitahu bahwa dokter juga mengidap HIV," katanya.

Kasus itu baru ketahuan pekan lalau setelah 18 anak yang tinggal di pinggiran kota dinyatakan positif terkena virus, yang menyebabkan AIDS.

Sontak setelah kejadian itu, pejabat kesehatan segera melakukan pemeriksaan lebih luas. Mengerikan lagi, puluhan orang terinfeksi lainnya ditemukan.

"Lebih dari 90 orang telah dites HIV-positif dan jumlah anak-anak adalah sekitar 65," jelas Dr Abdul Rehaman, seorang pejabat kesehatan kabupaten di Larkana, mengatakan kepada kantor berita AFP.

Seorang pejabat kedua mengkonfirmasi wabah itu, meskipun memberikan angka yang sedikit berbeda.

Pihak berwenang mengatakan mereka melacak wabah ke dokter tunggal, yang tampaknya telah menggunakan jarum suntik yang terkontaminasi pada pasien.

Azra Pechuho, menteri kesehatan provinsi Sindh, mengkonfirmasi penangkapannya. "Darah orang tua dari anak-anak yang terinfeksi juga diuji, tetapi hasilnya negatif," katanya.

Para pejabat sejak itu meluncurkan upaya pengujian dan pendidikan yang lebih besar.

Pakistan dianggap sebagai negara dengan prevalensi rendah untuk HIV, tetapi penyakit ini berkembang - kebanyakan di antara pengguna narkoba suntikan, pekerja seks dan pekerja migran yang kembali dari Teluk.

KEYWORD :

Dunia Kesehatan Pakistan Virus HIV




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :