Selasa, 16/04/2024 20:40 WIB

Pemberian Imunisasi Harus Dibarengi Nutrisi Seimbang

Ikatan Dokter Anak Indonesia mendukung tumbuh kembang anak sehat dan optimal melalui pemberian imunisasi dan nutrisi seimbang.

Ikatan Dokter Anak Indonesia dukung tumbuh kembang anak sehat dan optimal melalui pemberian imunisasi dan nutrisi seimbang (Foto: Nestle)

Jakarta - Menyambut Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati setiap minggu terakhir di bulan April, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Nestlé Indonesia mendukung inisiatif pemerintah dalam membantu mewujudkan visi Indonesia Sehat melalui pemberian edukasi akan pentingnya imunisasi dan nutrisi seimbang bagi anak Indonesia.

Satgas Imunisasi Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, mengatakan, Imunisasi berperan penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak agar mampu melawan penyakit-penyakit menular yang berbahaya.

"Anak yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit sehingga dapat menyebabkan sakit berat, cacat, bahkan meninggal," ujarnya di Jakarta, Senin (22/4).

Beberapa imunisasi yang sudah disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk bayi di bawah usia satu tahun adalah, imunisasi Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, dan Campak.

"Pemberian imunisasi dasar lengkap dan sesuai jadwal dapat efektif mencegah penyakit dan membantu menurunkan angka kematian bayi dan balita," sambungnya.

UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI, dr. Yoga Devaera, SpA(K) mengatakan, pemberian imunisasi dasar yang lengkap harus dibarengi dengan asupan nutrisi seimbang demi memberikan perlindungan maksimal untuk si Kecil dari berbagai penyakit sekaligus mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

"Anak yang kekurangan nutrisi berpotensi mengalami penurunan kemampuan kognitif dan rentan terinfeksi penyakit menular," ucapnya.

KEYWORD :

Imunisasi Lengkap Nutrisi Seimbang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :