Kamis, 18/04/2024 08:12 WIB

Tips Dampingi Anak Berselancar di Dunia Maya

Merespons teknologi digital Google Indonesia dan Kominfo punya tips untuk mendampingi anak saat berselancar di dunia maya.

Merespons teknologi digital Google Indonesia dan Kominfo punya tips untuk mendampingi anak saat berselancar di dunia maya (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, Jurnas.com - Melalui komitmen dari berbagai pihak, penolakan konten negatif saat internet dapat dilakukan. Salah satunya komitmen Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang terus mengimbau peran serta keluarga untuk melakukan pendampingan pada anak saat mereka mengakses internet.

Selain imbauan dari pemerintah, sebagai platform penyedia mesin pencarian, Google Indonesia juga memiliki komitmen untuk mendukung anak-anak dengan internet yang sehat agar mereka bisa nyaman bereksplorasi.

"Kami punya sistem untuk memfokuskan usia yang bisa mengakses situs yang tidak sesuai umur," ujar Kepala Kebijakan Publik Google Indonesia, Shinto Nugroho.

Merespons teknologi digital yang terus berkembang, Google Indonesia dan Kementerian Informasi dan Informatika punya tips untuk mendampingi anak saat berselancar di dunia maya:

1. Dapatkan cookie yang jelas setiap kali Anda menggunakan gadget untuk urusan apa saja.

2. Pastikan keamanan di platform mesin pencari  dan pengaturan  sosial media sudah

3. Maksimalkan daftar putih yang sekarang ini situsnya sudah dibebaskan 289.000 situs, sebagian besar informasi yang edukatif

4. Jangan biarkan anak-anak asyik gadget utama sendiri di kamar, letakkan komputer di ruang keluarga yang mudah diakses penghuni rumah.

5. Mendampingi anak saat mengakses internet, penting untuk diberikan waktu yang telah disetujui antara orang tua dengan anak.

KEYWORD :

Internet Aman Ramah Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :