Rabu, 17/04/2024 05:42 WIB

Agni Pratistha Ganti Popok dan Pembalut dengan Bahan Cuci Pakai

Meski mendapat pandangan aneh dna tak biasa namun Agni Pratistha tetap berkomitmen hidup dengan ramah lingkungan.

Agni Pratistha dan kesadaran menjaga lingkungan (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Gaya hidup yang berkesinambungan dengan alam kini mulai menjadi pilihan banyak orang, tak terkecuali artis sekaligus mantan Puteri Indonesia Agni Pratistha Arka Dewi.

Ditemui oleh Jurnas.com usai selebrasi 60 tahun Natural Beauty Yves Rocher, Agni berbagi mengenai pilihannya hidup bersahabat dengan lingkungan.

Ibu dua anak ini memulainya dari diri sendiri sebelum ia mengkampanyekan pada orang lain. Diantaranya Agni memakai popok kain atau cloth diapers sebagai pengganti popok sekali pakai bagi anak-anaknya, sementara ia sendiri mengganti pembalut sekali pakai dengan menstrual cup.

Agni mengaku awalnya sempat takut mencoba menstrual cup, kini sudah lima tahun lebih menjadi pengguna.
Ketika punya anak pertama, ingin mencoba clodi aja atau cloth diaper untuk menghindari rash. 

"Lalu terpikir sudah concern dengan anak untuk terhindar dari rash tapi aku sendiri kok enggak, padahal setiap menstruasi pakai pembalut sekali pakai selalu rash atau kulit kadang terkelupas," ucapnya di Jakarta, Jumat (5/4).

Akhirnya ia mencoba mencari solusi dari internet, ketemu dengan menstrual pad tapi ngerasa ribet harus dicuci jadi mengurungkan niat untuk beralih ke pembalut sekali pakai.

Akhirnya Agni bertemu teman yang sudah lama memakai menstrual cup. Awalnya ia melihat bentuk dari menstrual cup merasa aneh dan takut, terpikir bagaimana rasanya setelah dipakai enak atau tidak?

Setelah berpikir lagi daripada memakai menstrual pad yang harus di cuci setiap mau ganti, coba tekatkan diri untuk mencoba menstrual cup. 

"Menurutku ini best invention karena pas kita tidur atau bangun, enggak bocor sama sekali, keputihan juga ga ada dan tidak membuang sampah. Kalau pergi jauh pun enggak perlu bawa pembalut banyak kayak dulu,” ungkap Agni.

Bagi Agni, memilih menstrual cup itu seperti cari jodoh mesti dicari yang benar-benar pas. "Sekarang aku sampai mikir kenapa enggak dari dulu ya pakai ini, karena benar-benar change my life,“ imbuhnya.

KEYWORD :

Agni Pratistha Menjaga Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :