Jum'at, 19/04/2024 09:52 WIB

Senator Rasis Australia Diminta Dicopot

Parlemen di Australia banyak yang mengecam komentar menghasut dan memecah-belah seorang senator sayap kanan yang independen, Fraser Anning, terkait serangan masjid Christchurch.

Connolly, kini dikenal sebagai Eggboi, karena memecahkan telur di atas kepala Anning (Foto: AP)

Australia, Jurnas.com - Parlemen di Australia banyak yang mengecam komentar menghasut dan memecah-belah seorang senator sayap kanan yang independen, Fraser Anning, terkait serangan masjid Christchurch.

Dalam sebuah gerakan bipartisan, Senat mengecam Anning, mengatakan komentarnya adalah berusaha menyalahkan korban kejahatan yang mengerikan dan menjelek-jelekkan orang berdasarkan agama dan tidak mencerminkan pendapat Senat atau dari warga Australia

Bulan lalu, seorang supremasi kulit putih Australia menewaskan 50 orang dalam serangan teror terhadap dua masjid Christchurch di Selandia Baru. Setelah serangan yang disiarkan langsung di Facebook, Anning  lalu mengaitkan adanya hubungan antara imigrasi dan kekerasan Muslim.

Meskipun kemudian mengecam serangan di Selandia Baru, tetapi ia bersikeras bahwa serangan itu akibat ada rasa takut meningkatnya kehadiran Muslim di negara itu.

"Sangat penting bahwa Parlemen bersatu dalam kecamannya atas komentar mengerikan yang telah dibuat," kata Senator Mathias Cormann dari partai Liberal, Rabu (3/4).

"Komentar-komentar ini mengerikan dan membuat lebih buruk karena posisi Senator Anning di Parlemen ini dan jabatana yang didudukinya sebagai senator," sambungnya.

Penny Wong dari Partai Buruh mengatakan, senator menyalahkan para korban saat keluarga, teman, komunitas mereka yang hilang masih terhuyung-huyung karena keterkejutan itu, menuduh Anning memeluk pidato kebencian.

"Sementara mereka yang terluka dirawat, senator ini berusaha lebih jauh mengipasi api perpecahan. Betapa menyedihkan. Upaya memalukan dan menyedihkan oleh seorang lelaki yang tidak pernah terpilih untuk mendapatkan perhatian dengan mengeksploitasi keragaman sebagai garis patahan untuk keuntungan politik," kata Wong.

Sebuah petisi online yang menyerukan agar Anning dicopot dari Senat telah memperoleh lebih dari 1,4 juta tanda tangan, yang telah menjadi catatan permanen parlemen.

Namun, Senat tidak dapat mengeluarkan seorang senator kecuali mereka dihukum karena kejahatan atau dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Sekedar diketahui, pria bersenjata, Brenton Tarrant, akan kembali muncul di pengadilan pada Jumat pekan ini.

KEYWORD :

Selandia Baru Teror Masjid Senator Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :