Kamis, 25/04/2024 05:09 WIB

Survei CSIS Dijadikan Rujukan Kiai Ma`ruf Amin untuk Terus Berjuang

Kiai Ma`ruf Amin dalam safari politik di Yogyakarta

Yogyakarta, Jurnas.com - Elektabilitas pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH. Ma`ruf Amin unggul dari pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Berdasarkan survei CSIS, tingkat elektabilitas pasangan Jokowi-Kiai Ma’ruf sebesar 51,4 persen dan Prabowo-Sandiaga sebesar 33,3 persen. Terdapat selisih sekira 18,1 persen antara elektabilitas pasangan Jokowi-Ma`ruf dan Prabowo-Sandi.

"Mudah-mudahan itu, survei yang mendekati kenyataan," ujar Kiai Ma`ruf di Yogyakarta, Kamis (28/3/2019).

Kiai Ma`ruf meminta seluruh tim kampanye nasional, relawan, dan pendukung tidak terbuai dengan hasil survei yang menyebutkan, pasangan 01 unggul.

"Tapi kita tidak putus asa, tidak puas. Kita juga tidak terbuai oleh hasil survei. Jadi kita jadikan rujukan. Kita akan terus berjuang," ucapnya.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu, ingin unggul dari Prabowo-Sandi dengan jarak yang lebar. "Kalau bisa itu, jaraknya sampai 30 persen lah. Penginnya," kata Kiai Ma`ruf.

Hasil sigi CSIS memperlihatkan masih ada sekitar 14,1 persen yang tidak menjawab atau rahasia. Juga ada 1,2 persen yang belum menentukan pilihan. Ma`ruf berharap, yang masih merahasiakan pilihannya akan memilih pasangan 01.

"Ya kita harapkan bahwa mereka sudah mulai bergeser ya. Menurut informasi sisa 14 persen sudah banyak yang menentukan pilihan dan mengarah ke 01," imbuh Kiai Ma`ruf.

CSIS kembali mengadakan survei nasional pada 15 sampai 22 Maret 2019. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel sebanyak 1.960 responden dan margin of error sebesar lebih kurang 2,21 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia.

KEYWORD :

Survei CSIS KH Ma`ruf Amin Elektabilitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :