Jum'at, 19/04/2024 07:58 WIB

Transformasi Digital Jadi Modal Hadapi Era Perdagangan Bebas

HDi akhir sesi wawancara penjurian, dewan juri memberikan saran atau pendapat untuk perbaikan implementasi IT & Telco di masa yang akan datang kepada setiap finalis.

Ketua penyelenggara Itech Award bersama para juri

Jakarta, Jurnas.com - Transformasi digital merupakan suatu proses untuk menangkap peluang-peluang dalam bisnis melalui pemanfaatan digitalisasi atau teknologi digital. Oleh karenanya, setiap lembaga dan instansi pemerintahan harus menjalankan pengelolaan pemerintahan dan kelembagaan berbasis I dan TELCO.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia harus melakukan transformasi bisnis dari sistem tradisional ke digital bisnis agar tetap survive. Hal ini seiring digitalisasi yang telah menjadi faktor terpenting di balik pertumbuhan bisnis di era perdagangan bebas.

Keberhasilan implementasi dan pemanfaatan IT & TELCO di perusahaan, lnstitusi kepemedntahan, termasuk BUMN, BUMD dan lembaga lainnya, mampu mendorong terciptanya pengelolaan manajemen dan bisnis menjadi lebih efesien, efektif, profesional, dan berdaya saing tinggi.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan implementasi TIK, Majalah ltech yang juga mendapat dukungan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tunggi (Kemenristekdikti), Badan Pengkaiian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Dewan Riset Nasional (DRN) tahun ini kembali menyelenggarakan penganugerahan TOP IT & TELCO 2019 dengan mengangkat tema ”Inovasl & Transformasi Digital, Indonesia Toward Industry 4.0 Era, Innovation Through Digital Transformation".

”Teknologi memungkinkan organisasi atau perusahan menyusun dan melaksanakan strategi IT yang mumpuni, dan mampu mendapatkan nilai manfaat Iebih di era digital ini. Untuk melakukan transformasi digital, organisasi atau perusahaan dituntut untuk dapat mengubah model bisnis, dan menyusun strategiefektif dan teknologi yang tepat,TOP IT & TELCO merupakan penghargaan tertinggi dan terbesar di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan, instansi pemerintahan, dan vendor T I TELCO, yang dinilai berhasil dalam hal pemanfaatan Tl & TELCO untuk meningkatkan kinerja, daya saing bisnis, dan layanannya di Indonesia,” ungkap lr. lrnanda Laksanawan, MSC Eng. PhD. Ketua Penyelengara TOP IT & TELCO 2019 yang juga Direktur Utama PT Media MadaniUtama, penerbit Majalah Itech, Majalah BusinessNews Indonesia dan Maja|ah Ibadah.

Kegiatan TOP IT & TELCO 2019 yang tahun ini merupakan ajang penghargaan yang ke-6 kalinya, juga bertujuan mendorong kalangan bisnis, institusi pemerintah, BUMN, dan lembaga lain agar senantiasa peka dalam menyikapi tren perkembangan IT & TELCO dengan melakukan up dating (pemutakhiran), bahkan bisa Iebih kreatif dalam mengembangkan inovasi dan solusi IT & TELCO di setiap instansi untuk kemajuan perusahaan atau instansi yang tentunya akan berdampak luas bagi masyarakat, sekaligus bisa meningkatkan daya saing pembangunan nasional.

Sementara itu, Dr. Ir. Jumain Appe MSi, Ketua Dewan Juri mengatakan, pemerintah melalui Making Indonesia 4.0 sangat mendukung peran penting inovasi dan transformasi digital dalam pembangunan nasional.

“Kita harapkan semua stakeholder bisa memanfaatkan transformasi digital ini, agar perusahaan dan instansi tetap kompetitif di masa depan. Terkait transformasi digital, Kemenristekdikti terus mendorong tumbuhnya lnovasi industry yang berbasis pada IT,” tutur Direktur Jenderal Penguatan lnovasi Kemenristekdikti ini.

Di akhir sesi wawancara penjurian, dewan juri memberikan saran atau pendapat untuk perbaikan implementasi IT & Telco di masa yang akan datang kepada setiap finalis. Dari proses penilaian kuesioner dan hasil diskusi tanya jawab dalam wawancara penjurian, dewan juri akan merumuskan sebuah rekomendasi Top IT & Telco kepada pemerintah secara tertulis.

Kemudian, dewan juri menetapkan 27 perusahaan dan instansi pemerintah yang mendapatkan penghargaan Top IT & Telco 2019. Kriteria utama dalam menentukan pemenang adalah perusahaan atau instansi pemerintahan yang dinilai berhasil dalam implementasi dan pengembangan IT dan Telco di perusahaannya, serta mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

Penghargaan diberikan per sektor bisnis, mengingat kompleksitas masing-masing sektor usaha yang berbeda-beda. Sektor bisnis yang dikompetisikan dalam Top IT & Telco 2019 ini adalah sektor usaha bank, mulfinance, asuransi, e-commerce, IT, dan telekomunikasi. Lalu, energi pertambangan, pelabuhan dan bandara, infrastruktur, transportasi, logistik, agro-industri, manufaktur, PDAM, dan hospitality. Sedangkan kategori untuk instansi pemerintah terdiri dari kementerian, lembaga/badan, pemprov, pemkot, dan pemkab.

KEYWORD :

Transformasi Digital Itech Awards




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :