Rabu, 17/04/2024 05:54 WIB

Ketua DPR: Hambatan UNBK Harus Segera Ditangani

Pemerintah diminta memberi perhatian khusus terkait hambatan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Pemerintah diminta memberi perhatian khusus terkait hambatan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hambatan itu bisa dihilangkan jika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku prihatin karena UNBK tahun ini belum sepenuhnya bisa diikuti oleh seluruh siswa. Sebanyak 39 persen peserta ujian masih berbasis kertas.

"UNBK belum bisa menyeluruh karena masih ada sejumlah daerah yang belum terjangkau jaringan internet," kata Bamsoet, melalui rilisnya, Jakarta, Senin (25/3).

Di Pulau Jawa sekali pun, kata Bamsoet, belum semua sekolah bisa mengikuti UNBK karena masih ada daerah yang belum terjangkau jaringan internet.

"Contohnya di Kabupaten Garut. Karena masih ada wilayah yang belum terjangkau jaringan internet, hanya 48 persen siswa di Garut yang bisa mengikuti UNBK," terangnya.

Politikus Golkar itu berharap, pemerintah bisa memberikan respons yang cepat agar masalah ini tidak terulang pada tahun mendatang. Menurutnya, harus ada keberanian untuk menetapkan target semua peserta ujian bisa mengikuti UNBK.

"Untuk target itu, sinergi antara Kemdikbud dan Kominfo menjadi sangat penting. Minimal, Kemdikbud memberikan data dan informasi tentang daerah atau wilayah yang belum terjangkau jaringan internet (blank spot). Informasi dari Kemdikbud itu hendaknya segera ditindaklanjuti Kominfo," katanya.

Menurutnya,hambatan pelaksanaan UNBK tentu layak dikaitkan dengan progres proyek Palapa Ring barat, tengah dan timur. Dimana, publik telah diberi pemahaman bahwa proyek Palapa Ring akan mewujudkan Indonesia Merdeka Sinyal.

"Sebab, proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet berdaya jangkau Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur," jelasnya.

Karena itu, Bamsoet berharap pemerintah bisa segera merampungkan proyek Palapa Ring dengan semua aspek pendukungnya, agar pada tahun mendatang tidak ada lagi faktor yang menghambat UNBK di seluruh wilayah tanah air.

KEYWORD :

Ketua DPR Bambang Soesatyo Ujian Nasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :