Kamis, 18/04/2024 21:58 WIB

Ahmad Iman Ajak Milenial Manfaatkan Perkembagan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era teknologi digital yang begitu massif, semua sektor berlomba merubah pola pelayanannya.

Ahmad Iman menjadi pemicara Seminar Nasional Enterpreneurship yang diinisiasi Sentra Indonesia di SMESCO Tower, Jakarta, Kamis (14/3).

Jakarta, Jurnas.com - Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja, Ahmad Iman mendorong generasi milenial untuk mengambil manfaat dari perkembangan teknologi informasi dari internet maupun smartphone di era saat ini.

Hal itu disampaikan saat menjadi pemicara Seminar Nasional Enterpreneurship dengan tema "Optimalisasi Teknologi Smartphone di Era Ekonomi Digital dalam Menciptakan Lapangan Pekerjaan" yang diinisiasi Sentra Indonesia di SMESCO Tower, Jakarta, Kamis (14/3).

"Di era internet, saya berharap manfaat dari teknologi informasi, manfaat dari internet maupun smartphone itu bisa benar-benar dilaksanakan, dimanfaatkan secara baik, karena faktanya banyak juga yang disalahgunakan," kata Ahamd Iman.

Ahmad Iman menilai acara yang digagas Sentra Indonesia tersebut memang sangat penting, mengingat terbukanya lapangan pekerjaan baru di dunia imbas dari perkembangan teknologi informasi dan smartphone yang kian maju.

Menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa di era teknologi digital yang begitu massif, semua sektor berlomba merubah pola pelayanannya dan menambahkan fasilitas dalam menyediakan jasa.

Karena itu, Ahamd Iman ysng Caleg DPR RI nomor urut 1 Dapil Jakarta II itu berpesan agar acara-acara serupa terus ditingkatkan untuk menjaring generasi milenial yang lebih luas.

Menyambung hal itu, Manager Enterprise Product an Pricing Telkomsel Fani Pristama menuturkan, masyarakat harus siap dalam menghadapi distrupsi digital atau arus digitalisasi yang kini telah datang ke Indonesia.

Pasalnya, kata dia, lapangan pekerjaan yang kini tersedia di Indonesia bisa dipastikan akan terkena dampak dari digitalisasi. Ia berpesan kepada generasi milenial yang hadir untuk tidak berhenti belajar dengan memanfaatkan teknologi digital yang kian maju.

"Apaun pekerjaan kita itu bakal terkena imbas dari digitalisasi, hari ini kita harus memastikan masyarakat itu mengerti bahwa digitalisasi itu datang dan kita harus bersiap-siap. Yang jelas jangan berhenti belajar, kerena belajar itu tidak terbatas di ruang kelas, internet pun sebenarnya bisa menjadi sumber informasi, sumber knowledge. Jadi pastikan ambil manfaat sebesar-besarnya dari teknologi informasi," tutur Fani.

Pengamat Teknologi Informatika, Dr. Muhammad Faiz Rafdhi membenarkan, arus digitalisasi di Indonesia memang tidak bisa dibendung lagi, terlebih saat ini Indonesia, bahkan dunia tengah berhadapan dengan industry 4.0.

Bahkan menurutnya, berbagai kemudahan pun datang seiring hal itu, dimana kini untuk mencari pekerjaan, calon tenaga kerja tidak perlu repot untuk melamar di berbagai perusahaan, namun cukup menampilkan kecakapannya melalui salah satu platform di Internet seperti YouTube.

"Saya sampaikan, orang dulu memahami smartphone itu hanya untuk komunikasi, baik komunikasi telpon, komunikasi WhatsApp, atau komunikasi SMS. Padahal, ada potensi yang lain dan belum dioptimalkan," tandasnya.

KEYWORD :

Caleg DPR Ahmad Iman Era Teknologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :