Sabtu, 20/04/2024 12:31 WIB

Perusahaan AS Kembalikan Dana USD400 Juta ke Arab Saudi

Dana tersebut diberikan kepada kepala perusahaan Ariel Emanuel selama pesta Hollywood terkenal musim semi lalu.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Jehan Alfarra / Middle East Montitor)

Riyadh, Jurnas.com - Agen bakat Amerika Serikat (AS) yang berbasis di Beverly Hills, Endeavour, mengembalikan dana investasi 400 juta dolar ke Arab Saudi dan membatalkan kontraknya dengan kerajaan atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, New York Times melaporkan.

Dana tersebut diberikan kepada kepala perusahaan Ariel Emanuel selama pesta Hollywood terkenal musim semi lalu, yang mempertemukan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS), kepala eksekutif Disney Robert Iger dan pendiri Amazon Jeff Bezos, antara lain.

Sedianya uang itu untuk mendanai pertumbuhan Endeavour dan mendiversifikasi ekonomi kerajaan melalui kerja agensi di berbagai industri, termasuk olahraga dan produksi film.

"Tetapi setelah pembunuhan Khashoggi, perusahaan itu mengembalikan dana itu sebagai bentuk protes, dan secara efektif mengakhiri hubungannya dengan Arab Saudi," kata dua sumber anonim kepada New York Times.

Langkah itu dilakukan setelah beberapa perusahaan internasional, termasuk Uber dan Goldman Sachs, membatalkan rencana untuk menghadiri konferensi investasi di ibukota Saudi, Riyadh, pada Oktober tahun lalu.

Keputusan ini juga mengikuti Richard Branson, pendiri konglomerat media dan teknologi Inggris Virgin Group, menunda pembicaraan dengan Arab Saudi mengenai potensi investasi dalam usaha bisnisnya, NYT melaporkan.

Selama tur di AS musim semi lalu, MBS bertemu sejumlah politisi dan pemimpin bisnis AS, mencari kesepakatan untuk mengembangkan Dana Investasi Publik Arab Saudi dan mengurangi ketergantungan negara itu pada minyak.

Selama perjalanan, ia menandatangani perjanjian dengan perusahaan bioskop AMC dan operator taman hiburan Six Flags untuk berekspansi ke kerajaan dan mempromosikan industri hiburannya, lapor NYT.

KEYWORD :

Arab Saudi Jamal Khashoggi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :