Jum'at, 26/04/2024 02:42 WIB

India Termasuk Kota yang Paling Tercemar Udaranya di Dunia

Gurugram, sebuah kota sekitar 30 km barat daya dari ibukota India, New Delhi, memiliki tingkat polusi terburuk secara global pada tahun 2018.

Polusi Udara di Korea (foto: UPI)

Jurnas.com - Sebuah studi AirVisual dan Greenpeace yang dirilis pada Selasa (5/3) menyebutkan bahwa tujuh dari 10 kota di dunia yang paling tercemar udaranya berada di India.

Gurugram, sebuah kota sekitar 30 km barat daya dari ibukota India, New Delhi, memiliki tingkat polusi terburuk secara global pada tahun 2018.

Tiga kota India lainnya, dan Faisalabad, di Pakistan, menjadi lima besar. Dari 20 kota paling tercemar di seluruh dunia, 18 berada di India, Pakistan dan Bangladesh.

New Delhi, rumah bagi lebih dari 20 juta orang, berada pada peringkat 11, menjadikannya ibukota paling tercemar di dunia, di depan Dhaka, di Bangladesh, dan Kabul, di Afghanistan.

"Polusi udara mencuri mata pencaharian dan masa depan kita," kata Direktur eksekutif Greenpeace Asia Tenggara, Yeb Sano, dalam sebuah pernyataan.

"Selain kehilangan nyawa manusia, ada perkiraan biaya global 225 miliar dolar dalam tenaga kerja yang hilang, dan triliunan biaya medis," tambahnya.

"Kami ingin laporan ini membuat orang berpikir tentang udara yang kami hirup, karena ketika kami memahami dampak kualitas udara pada kehidupan kami, kami akan bertindak untuk melindungi apa yang paling penting."

Dilansir dari Al Jazeera, berikut 10 kota paling tercemar di dunia;

1. Gurugram, India
2. Ghaziabad, India
3. Faisalabad, Pakistan
4. Faridabad, India
5. Bhiwadi, India
6. Noida, India
7. Patna, India
8. Hotan, Tiongkok
9. Lucknow, India
10. Lahore, Pakistan

KEYWORD :

Pencemaran Udara India Polusi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :