Jum'at, 19/04/2024 09:31 WIB

Sanksi India Bikin Negara Islam Dunia "Marah"

India hanya membatasi isu Kashmir sebagai ancaman keamanan negara. Bukan sebagai isu protes warga pribumi yang tak diperhatikan.

Pembunuhan tentara India di Kashmir memicu ketegangan antara India dan Pakistan (Foto; Younis Khaliq / Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Organisasi Kerjasama Islam dunia (OKI) langsung menyatakan sikap keras kepada India yang telah melarang organisasi muslim Jamaat-e-Islami beraktivitas politik selama lima tahun.

Tak hanya itu, India juga telah menangkap sekitar 300 tokoh organisasi tersebut dengan tudukan telah melakukan aktivitas anti-India. Sanksi itu usai serangan bom bunuh diri di Kashmir bulan lalu.

"Jika pelanggaran hukum JeI tak disanksi, bisa-bisa ISIS mencuat di India." Begitu pernyataan resmi Kementerian Dalam Negeri.

Sikap dari OKI yang beranggotakan 57 negara itu menyatakan mengutuk aksi India dan menganggap India memersekusi penduduk Kashmir. Pakar diplomasi Ajai Shukla mengatakan, India sengaja ingin mengaburkan permasalahan yang ada di Kashmir.

Menurutnya lagi, India hanya membatasi isu Kashmir sebagai ancaman keamanan negara. Bukan sebagai isu protes warga pribumi yang tak diperhatikan.

KEYWORD :

Negara Islam Dunia Kelompok OKI Teroris India Kashmir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :