Jum'at, 26/04/2024 02:53 WIB

Menantu Trump Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Kali Pertama

Fokus agendannya adalah meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi serta upaya menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Washington, Jurnas.com - Penasihat Senior Gedung Putih Jared Kushner bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Foto:Jonathan Ernst/Reuters)

Washington, Jurnas.com - Penasihat Senior Gedung Putih Jared Kushner bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS), Selasa (26/2). Ini pertama kalinya sejak pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Menurut pernyataan Gedung Putih, pertemuan yang berlangsung di ibukota Saudi, Riyadh adalah tur Kushner ke Timur Tengah. Fokus agendannya adalah meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi serta upaya menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

"Membangun pembicaraan sebelumnya, mereka membahas peningkatan kerja sama antara AS dan Arab Saudi, dan upaya pemerintah Trump untuk memfasilitasi perdamaian antara Israel dan Palestina," kata pernyataan itu.

Kushner mengatakan rencana perdamaian Timur Tengah di antarnya, Washington akan membahas perbatasan.

"Selain itu, mereka membahas cara untuk meningkatkan kondisi seluruh wilayah melalui investasi ekonomi," katanya.

Ini adalah pertemuan tatap muka pertama antara Kushner, yang juga menantu Presiden AS Donald Trump, dan MBS sejak pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Seorang kritikus yang tegas terhadap ambisi reformasi Saudi dibunuh saat mengurus dokumen perceraiannya dengan istri pertamanya di konsulat Saudi di Turki agar dapat menikahi tunangan, Hatice Cengiz.

Riyadh awalnya bersikeras, Khashoggi telah meninggalkan konsulat hidup-hidup sebelum mengubah pengakuannya dan mengakui bahwa jurnalis itu tewas dalam operasi yang katanya dilakukan oleh "oknum-oknum jahat". (Al Jazeera)

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Jared Kushner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :