Sabtu, 20/04/2024 01:23 WIB

Mendes Eko Ajak Masyarakat Mukomuko Gunakan Dana Desa Bangun Bioskop

Eko Putro Sandjojo mengajak warga di Desa Lubuk Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu untuk menggunakan sebagian dana desanya untuk membuat bioskop desa.

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko P Sandjojo mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mukomuko ke-16 di halaman Kantor Bupati Mukomuko, Bengkulu, Senin (25/2/2019). Foto: Angga & Matin/Kemendes PDTT

MukoMuko, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengajak warga di Desa Lubuk Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu untuk menggunakan sebagian dana desanya untuk membuat bioskop desa. Hal tersebut dikatakan saat melakukan sosialisasi penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Dikawasan Transmigrasi sambil nonton bareng pertunjukan wayang kulit pada Minggu (24/2) malam.

"Masyarakat sini perlu hiburan, dana desa bisa digunakan untuk bioskop desa, harga sound system dan proyektor cukup murah, bikin bioskop desa, masyarakat bayar 1.000-2.000 nanti di kelola BUMDes. Dengan adanya bioskop desa, masyarakat bisa jualan, bisa pelatihan, dll," ujarnya.

Ia sarankan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengelola bioskop desa. Karena menurutnya, dengan adanya bioskop desa bisa memicu orang berkumpul, kemudian akan ada para pedagang dan disitu akan ada transaksi juga perputaran uang.

"Kembangkan BUMDesnya, buat desa wisata, bank sampah, bioskop desa, bikin pelatihan usaha, lapangan desa, dana desanya alokasikan sebagian untuk BUMDes kita sama-sama kembangkan BUMDesnya. Saya apresiasi pertumbuhan ekonomi di Mukomuko 5,3 persen, padahal masih banyak jalan yang rusak," terangnya.

Sementara itu Bupati Mukomuko Choirul Huda merasa bangga karena pada perayaan hari jadi Mukomuko ke-16 didatangi seorang menteri.

"Luar biasa Pak Menteri (Mendes PDT), berjubel. Baru kali ini ulangtahun ke-16 didatangi menteri. Dan malam ini warga berkumpul di sini ramai-ramai menyambut hangat, dan ikut selfie. Banyak pedagang keliling juga berjualan,". Ujarnya haru.

Pertunjukan wayang kulit di Desa Lubuk Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu dengan dalang Ki Warseno Slank dengan lakon Punokawan Mbangun Deso ini terselenggara atas kerjasama Kemendes PDTT dibawah Direktorat Jenderal PKP2Trans dan PKTrans dalam rangka sosialisasi penggunaan dana desa tahun 2019 dikawasan transmigrasi.

Sebelum pertunjukan wayang, dilakukan pengukuhan Pengurus Perhimpunan Anak Transmigran Seluruh Indonesia (PATRI), prosesi kirab tumpeng dan pemotongan tumpeng. Kegiatan pertunjukan wayang selain dihadiri oleh Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo dan Bupati Mukomuko turut dihadiri oleh ratusan keluarga transmigran dan sejumlah pejabat dari kemendes PDTT yakni Dirjen PKP2trans Hari Pramudiono, Dirjen PK Trans M.Nurdin, Dirjen PPMD Taufik Madjid serta sejumlah pejabat lainnya dari Kemendes PDTT.

KEYWORD :

Dana Desa Bioskop Hiburan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :