Sabtu, 20/04/2024 05:34 WIB

Ini Bocoran Pokok Pembicaraan Trump-Kim di Vietnam

Ini berarti Korut harus menghapus seluruh program senjata pemusnah massal di Pyongyang, termasuk rudal balistik antarabenua.

Donald Trump dan Kim Jong Un (foto:google)

Hanoi, Jurnas.com – Penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi (KTT) kedua antara Amerika Serikat dan Korea Utara (Korut) tinggal menghitung waktu.

Presiden AS -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong In akan bertemu di Hanoi, -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Vietnam pada 27-28 Februari mendatang.

Dikutip dari Reuters, berikut ini pokok pembicaraan kedua kepala negara:

  1. Keinginan AS

Denuklirisasi Korea Utara menjadi agenda pokok Trump dalam KTT kedua dengan Kim. Ini berarti Korut harus menghapus seluruh program senjata pemusnah massal di Pyongyang, termasuk rudal balistik antarabenua.

  1. Kesepakatan makna denuklirisasi

AS dan Korut sempat bersitegang, setelah kedua negara tidak sepakat dengan makna denuklirisasi. Di KTT kedua, AS akan berupaya membentuk kesepahaman bersama dengan Korea Utara tentang apa arti denuklirisasi, kata para pejabat AS.

Washington juga diperkirakan akan berupaya untuk membangun peta jalan yang menetapkan harapan dan proses untuk negosiasi denuklirisasi di luar KTT minggu ini.

  1. Keinginan Korut

Korea Utara secara terbuka menyerukan diakhirinya sanksi ekonomi oleh Amerika Serikat dan PBB, yang akan menjadi tujuan utamanya di KTT itu.

Sementara konsep denuklirisasi semenanjung Korea dapat mencakup penghapusan payung nuklir AS untuk Korea Selatan, dan pasukan berkemampuan nuklir.

Korea Utara juga telah lama menyerukan perjanjian perdamaian dengan Amerika Serikat untuk menormalkan hubungan dan mengakhiri keadaan teknis perang yang telah ada sejak Perang Korea 1950-1953 disimpulkan dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai.

  1. Pencabutan sanksi

Kim mengatakan pada bulan Januari bahwa Korea Utara "siap untuk membuka kembali kawasan industri Kaesong dan wisata ke Gunung Kumgang tanpa prasyarat atau harga,".

Kedua proyek antar-Korea itu membutuhkan setidaknya sebagian pelonggaran sanksi untuk melanjutkan operasi.

Kim juga mengatakan Korea Utara mencari dari "tindakan praktis yang sesuai" AS untuk "berbagai tindakan praktis" yang dikatakannya telah diambil untuk denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea.

"Tindakan terkait" yang dituntut Korea Utara terhadap AS termasuk "berakhirnya kebijakan yang bermusuhan" terhadap Korea Utara dan pencabutan sanksi, sebuah komentar oleh kantor berita negara KCNA mengatakan pada 20 Desember.

KEYWORD :

Donald Trump KTT AS-Korut Vietnam -




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :