Sabtu, 20/04/2024 15:36 WIB

Venezuela Tutup Perbatasan dengan Kolumbia

Venezuela juga telah menutup perbatasan maritimnya dengan tiga pulau Karibia Belanda - Curacao, Aruba, dan Bonaire - menjelang operasi

Bendera Venezuela (foto: upi.com)

Jakarta, Jurnas.com - Venezuela memerintahkan penutupan sementara perbatasan negara itu dengan Kolombia pada Jumat malam (21/02) waktu setempat.

Wakil Presiden Delcy Rodriguez mengumumkan di akun Twitter-nya bahwa langkah itu diambil karena ancaman serius dan ilegal terhadap kedaulatan negara.

"Demi menghormati aturan dasar hukum internasional, kami menyerukan (Presiden Kolombia) Ivan Duque untuk menghentikan tindakannya yang terkenal dan berhenti memfasilitasi wilayah Kolombia untuk berusaha, mengikuti perintah [Presiden AS] Donald Trump melawan hak Rakyat Venezuela hidup dalam damai dan kedaulatan," kata Rodriguez dilansir aa.

Perselisihan mengenai bantuan kemanusiaan terus berlanjut di negara Amerika Selatan itu ketika pemerintah menolak membiarkan pasokan AS masuk, dengan mengatakan itu akan mengarah pada intervensi militer oleh Washington.

Pihak oposisi berpendapat bahwa bantuan harus diizinkan, karena 300.000 orang sangat membutuhkan makanan dan obat-obatan dan 2 juta menghadapi risiko kesehatan.

Presiden sementara memproklamirkan diri Juan Guaido mengumumkan pengikutnya pada hari Sabtu akan mencoba untuk memaksa melalui konvoi bantuan AS dari Kolombia ke Venezuela.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan dia akan meminta Presiden Kolombia Ivan Duque bertanggung jawab atas kekerasan pada 23 Februari - tanggal yang diumumkan untuk bantuan kepada negara.

Sebelumnya, Brasil mengikuti Kolombia dan mengumumkan akan mengirim bantuan kemanusiaan ke perbatasan dengan Venezuela.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino Lopez mengatakan pada hari Selasa bahwa pasukan tetap bersiaga di perbatasan untuk menjaga terhadap pelanggaran wilayah, dan menambahkan mereka tidak akan menerima perintah dari pemerintah lain.

Venezuela juga telah menutup perbatasan maritimnya dengan tiga pulau Karibia Belanda - Curacao, Aruba, dan Bonaire - menjelang operasi "bantuan asing".

Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai penjabat presiden pada 23 Januari hingga pemilihan baru diadakan dan diakui oleh Australia, Kanada, Columbia, Peru, Ekuador, Paraguay, Brasil, Chili, Panama, Argentina, Kosta Rika, dan AS Parlemen Eropa mengambil langkah dalam arah yang sama.

Turki, Rusia, Iran, Kuba, Cina dan Bolivia menegaskan kembali dukungan mereka untuk Maduro, yang berjanji untuk memutuskan hubungan dengan AS setelah pertikaian diplomatik.

Presiden AS Donald Trump menunjuk intervensi militer sebagai kemungkinan di antara sejumlah pilihan yang bisa ia gunakan untuk membantu menyelesaikan krisis

KEYWORD :

Venezuela Kolumbia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :