Kamis, 25/04/2024 19:50 WIB

Peristiwa Sejarah 14 Februari

Tanggal 14 Februari yang jatuh pada hari ke-45 dalam kalender Gregorian, juga disebut hari Valentine (kebahagiaan) bagi sebagian kalangan menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 14 Februari 2018, seorang remaja berusia 19 tahun yang dikeluarkan karena masalah disiplin masuk ke SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, dan menembak mati 17 orang, termasuk 14 siswa.

Jurnas.com - Tanggal 14 Februari yang jatuh pada hari ke-45 dalam kalender Gregorian, juga disebut hari Valentine (kebahagiaan) bagi sebagian kalangan menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

748 - Revolusi Abbasiyah: Pemberontak Hashimi pimpinan Abu Muslim Khorasani merebut Merv, ibu kota provinsi Khorasan yang masih dikuasai kelompok pendukung Bani Umayyah, menandai konsolidasi revolusi Abbasiyah.

1014 - Paus Benediktus VIII menobatkan Henry dari Bavaria, Raja Jerman dan Italia, sebagai Kaisar Romawi Suci.

1076 - Paus Gregorius VII mengucilkan Henry IV, Kaisar Romawi Suci.

1130 - Paus Innocentius II terpilih.

1349 - Beberapa ratus orang Yahudi dibakar hidup-hidup sampai mati oleh massa, sementara sisanya dipaksa pergi dari Strasbourg.

1400 - Richard II dari Inggris meninggal, kemungkinan besar akibat kelaparan di dalam tahanan di Kastil Pontefract, atas perintah Henry dari Bolingbroke.

1502 - Inkuisisi Spanyol: Penguasa Katolik mengeluarkan dekret yang memaksa umat Islam di Granada untuk pindah agama ke Katolik atau pergi dari Spanyol.

1530 - Conquistador Spanyol, dipimpin Nuño de Guzmán, menggulingkan dan mengeksekusi Tangaxuan II, raja independen terakhir dari negara Tarascan di wilayah Meksiko tengah sekarang.

1556 - Thomas Cranmer, uskup Anglikan Britania Raya dinyatakan sebagai seorang bidaah.

1655 - Perang Arauco: Suku Mapuche di bawah pemimpin militer terpilih mereka, Clentaru, bangkit melawan Spanyol dalam pemberontakan di negeri yang sekarang menjadi Chili bagian tengah.

1778 - Bendera Amerika Serikat pertamakali dikenali oleh sebuah kapal angkatan laut asing, ketika Laksamana Toussaint-Guillaume Picquet de la Motte dari Prancis memberikan tembakan meriam kehormatan sebanyak sembilan kali kepada USS Ranger, dikomandani oleh John Paul Jones.

1797 - Perang Revolusi Prancis: Pertempuran Cape St. Vincent: John Jervis (bakal Earl St. Vincent yang pertama) dan Horatio Nelson (bakal Viscount Nelson) memimpin armada Royal Navy mengalahkan armada Spanyol di dekat Gibraltar.

1779 - James Cook dibunuh para penduduk asli Hawaii di dekat Kealakekua, Kepulauan Hawaii.

1779 - Perang Kemerdekaan Amerika: Pertempuran Kettle Creek berlangsung di Georgia.

1804 - Karađorđe memimpin Pemberontakan Serbia Pertama melawan Kesultanan Utsmaniyah.

1849 - Di New York City, James Knox Polk menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang diambil fotonya.

1855 - Texas terheubung dengan telegraf ke seluruh Amerika Serikat, dengan tersambungnya jaringan kabel antara New Orleans dan Marshall, Texas.

1859 - Oregon resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat ke 33.

1876 - Alexander Graham Bell melamar hak paten untuk telepon, begitu pula Elisha Gray.

1879 - Perang Pasifik pecah ketika pasukan Chili menduduki kota pelabuhan Antofagasta yang sebelumnya dikuasai Bolivia. Akibatnya Bolivia kehilangan akses ke laut (landlocked country).

1896 - Theodor Herzl menerbitkan buku "Der Judenstaat"

1900 - Perang Boer Kedua: Di Afrika Selatan, 20.000 pasukan Inggris menyerang Negara Bebas Oranje.

1900 - Perang Boer Kedua: Pasukan Inggris memulai Pertempuran Bukit Tugela dalam upaya menerobos Pengepungan Ladysmith di Natal, Afrika Selatan.

1903 - Departemen Perdagangan dan Perburuhan Amerika Serikat dibentuk (belakangan dipecah dua menjadi Departemen Perdagangan dan Departemen Perburuhan).

1912 - Arizona resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat ke-48.

1912 - Di Groton, Connecticut, kapal selam diesel pertama diluncurkan.

1918 - Uni Soviet mengadopsi kalender Gregorian (per 1 Februari menurut kalender Julian).

1919 - Perang Polandia-Soviet dimulai.

1920 - Liga Pemilih Perempuan (League of Women Voters) didirikan di Chicago.

1924 - Computing-Tabulating-Recording Company berganti nama menjadi International Business Machine Corporation, disingkat IBM.
1929 - Pembantaian hari Valentine: Tujuh gangster yang merupakan musuh Al Capone dibunuh di Chicago, Illinois.

1931 - Perdana Menteri Spanyol Jenderal Dámaso Berenguer Fusté mundur dan digantikan oleh Laksamana Juan Bautista Aznar-Cabañas.

1941 - Korps Afrika Nazi Jerman yang dipimpin Fieldmarshall Erwin Rommel mendarat di Tripoli, Libya yang masih dijajah Italia.

1942 - Perang Dunia II: Pertempuran Pasir Panjang menjadi salah satu penyebab jatuhnya Singapura.

1942 - Perang Dunia II: Kapal perang Inggris HMS Li Wo yang sedang mengevakuasi warga dan tentara Inggris dari Singapura ke Batavia ditenggelamkan kapal perang Jepang.

1943 - Perang Dunia II: Rostov na Donu di Rusia dibebaskan.

1943 - Perang Dunia II: Kampanye Tunisia: Pasukan Panzer ke-5 pimpinan Jenderal Hans-Jürgen von Arnim melancarkan serangan serentak terhadap posisi-posisi pasukan Sekutu di Tunisia.

1944 - Perang Dunia II: Kapal Selam Inggris menenggelamkan sebuah kapal selam Italia yang dikuasai Nazi Jerman di Selat Malaka.

1945 - Perang Dunia II: Pemberontakan pasukan Pembela Tanah Air (PETA) melawan Jepang di Blitar, dipimpin Shodanco Soeprijadi.

1945 - Perang Dunia II: Pengeboman Dresden pada Perang Dunia II: Royal Air Force (Britania Raya) dan Angkatan Udara AS mulai membom Dresden.

1945 - Perang Dunia II: Kesalahan navigasi menyebabkan kesalahan pengeboman Sekutu ke Praha, Cekoslowakia oleh skuadron B-17 Angkatan Udara AS yang membantu Ofensif Vistula-Oder Tentara Merah Uni Soviet.

1945 - Perang Dunia II: Kota Mostar dibebaskan dari pendudukan Nazi Jerman oleh Partisan Yugoslavia.

1945 - Presiden AS Franklin D. Roosevelt bertemu dengan Raja Abdul Aziz bin Saud dari Arab Saudi di atas kapal USS Quincy, memulai hubungan diplomatik AS-Arab Saudi secara resmi.

1946 - ENIAC (singkatan dari "Electronic Numerical Integrator and Computer"), komputer elektronik fungsi-umum, diperlihatkan di Universitas Pennsylvania.

1949 - Knesset (parlemen Israel) mengadakan sidang pertama.

1950 - Perang Saudara Cina: Tentara Revolusioner Nasional memulai Pertempuran Tianquan yang gagal terhadap Tentara Pembebasan Rakyat.

1950 - Film dongeng Cinderella dirilis pertama kali oleh Walt Disney.

1956 - Kongres ke-20 Partai Komunis Uni Soviet dimulai di Moskow. Dalam pertemuan malam terakhir, Perdana Menteri Nikita Khrushchev mengutuk kejahatan Josef Stalin dalam pidato rahasia.

1956 - Indonesia keluar dari Uni Belanda-Indonesia dan demikian kerjasama unilateral tersebut bubar dengan sendirinya.

1960 - Jenderal Besar Muhammad Ayub Khan terpilih sebagai Presiden Pakistan.

1961 - Penemuan unsur kimia: Element 103, Lawrensium, pertama kali disintesa di University of California.

1962 - Ibu Negara Amerika Serikat Jacqueline Kennedy membawa pemirsa televisi dalam sebuah tour ke Gedung Putih.

1966 - Mata uang Dollar Australia didesimalkan.

1979 - Di Kabul, militan Setami Milli menculik Duta Besar Amerika Serikat di Afghanistan, Adolph Dubs, yang belakangan terbunuh dalam kontak senjata antara penculiknya dan polisi.
1989 - 24 satelit pertama dari Global Positioning System ditempatkan ke orbit.

1989 - Union Carbide setuju untuk membayar US$ $470 juta kepada pemerintah India untuk kerusakan yang timbul dalam Tragedi Bhopal pada 1984.

1989 - Pemimpin Iran Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa mendorong Muslim untuk membunuh penulis The Satanic Verses, Salman Rushdie.

1990 - 92 orang tewas ketika pesawat Indian Airlines Penerbangan 605 jatuh di Bangalore, India.

1990 - Wahana antariksa Voyager 1 mengambil gambar planet Bumi yang kemudian terkenal dengan sebutan Titik Biru Pucat.

1995 - Lee Soo-man mendirikan S.M. Entertainment, perusahaan rekaman terbesar di Korea Selatan.

1998 - Sebuah kereta pengangkut minyak bertabrakan dengan kereta barang di Yaoundé, Kamerun, hingga menumpahkan minyak. Satu orang yang memunguti tumpahan minyak menyebabkan ledakan besar yang menewaskan 120 orang.

2000 - Wahana antariksa NEAR Shoemaker memasuki orbit di sekitar asteroid 433 Eros, wahana antariksa pertama yang melakukannya.

2004 - Di pinggiran kota Moskow, Rusia, atap Transvaal water park runtuh, membunuh lebih dari 25 orang, dan melukai lebih dari 100 orang lainnya.

2005 - Jutawan dan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri tewas akibat bom mobil. Suriah dituduh berada di belakang pengeboman ini.

2005 - Tujuh orang tewas dan 151 terluka dalam serangkaian pengeboman oleh tersangka militan jaringan Al-Qaeda yang melanda Filipina, yaitu di distrik keuangan Makati di Metro Manila, Davao, dan General Santos.

2005 - YouTube diluncurkan oleh sekelompok mahasiswa, menjadi situs berbagi video daring terbesar di dunia dan menjadi sumber utama video yang disebarkan secara viral di internet.

2008 - Penembakan di Northern Illinois University: seseorang menembaki pengunjung di gedung perkuliahan di DeKalb County, Illionois, menewaskan 6 orang (termasuk si penembak) dan 21 orang lainnya luka-luka.

2008 - Pendirian tvOne menggantikan Lativi.
2008 - Film The Spiderwick Chronicles dirilis di Amerika Serikat.

2011 - Sebagai bagian dari Musim Semi Arab, terjadi kerusuhan di Bahrain dengan sejumlah aksi demonstrasi menentang pemerintah kerajaan absolut Bahrain dimulai dengan `Day of Rage`.

2013 - Steam untuk Linux dirilis, mengawali ekspansi layanan permaian digital Valve menjadi gratis dan terbuka.

2014 - Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, resmi dioperasikan.

2015 - 2 orang tewas dalam aksi penembakan di dalam seminar terbuka dan di sinagoga di Kopenhagen.

2015 - Grup musik asal Jakarta Minutes Before Midnight resmi dibentuk.

2018 - Seorang anak berusia 19 tahun yang telah diusir karena masalah disiplin masuk ke Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, dan menembak secara fatal 17 orang, termasuk 14 siswa.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Februari




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :