Jum'at, 26/04/2024 02:25 WIB

Waze Diminta Hentikan Beri Informasi Kepolisian kepada Pengguna

Aplikasi navigasi Google, Waze, terkenal karena memberikan laporan yang terus terupdate, yang dikirimkan kepada pengguna terkait situasi jalan yang dilewati termasuk ketika ada razia dari pihak kepolisian.

Ilustrasi Aplikasi Waze (foto:Google)

Jakarta, Jurnas.com - Aplikasi navigasi Google, Waze, terkenal karena memberikan laporan yang terus terupdate, yang dikirimkan kepada pengguna terkait situasi jalan yang dilewati termasuk ketika ada razia dari pihak kepolisian.

Dianggap mengganggu privasi kepolisian, Departemen Kepolisian New York mengirim surat ke Google menuntut raksasa teknologi itu menarik fitur pemberitahuan informasi pemeriksaan kepolisian dari Waze.

Dalam surat itu, yang pertama kali dilaporkan oleh Streetsblog, Departemen Kepolisian mengatakan bahwa mengizinkan orang untuk berbagi lokasi pos pemeriksaan menghalangi kemampuannya untuk menjaga jalan tetap aman.

Pengeposan informasi tersebut untuk konsumsi publik tidak bertanggung jawab karena hanya berfungsi untuk membantu pengemudi yang mengalami gangguan dan mabuk untuk menghindari pos pemeriksaan dan mendorong mengemudi secara sembrono," tulis wakil komisaris wakil departemen untuk masalah hukum, Ann P. Prunty, menulis dalam surat itu dilansir Businesstimes.

"Mengungkap lokasi pos-pos pemeriksaan membuat para pengemudi, penumpangnya, dan masyarakat umum dalam bahaya," tambahnya.

Prunty menambahkan bahwa orang-orang yang berbagi lokasi pos pemeriksaan di Waze mungkin melanggar hukum dengan mencoba untuk mencegah dan atau mengganggu administrasi undang-undang DWI negara bagian dan bahwa departemen berencana mengejar semua upaya hukum untuk menghentikan orang-orang.

Waze tidak mengizinkan pengemudi untuk secara khusus mengidentifikasi pos pemeriksaan. Tetapi orang-orang yang menggunakan fitur pelaporan polisi aplikasi dapat meninggalkan komentar rinci pada ikon kartun dari seorang polisi berkumis yang muncul.

Google mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu bahwa keselamatan adalah prioritas utama dan memberi tahu pengemudi tentang jebakan kecepatan yang akan datang memungkinkan mereka untuk lebih berhati-hati dan membuat keputusan yang lebih aman ketika mereka berada di jalan.

Helen Witty, presiden nasional Mothers Against Drunk Driving, enggan membahas hal-hal spesifik dari surat itu tanpa informasi lebih lanjut, tetapi dia mencatat bahwa pos pemeriksaan sering dipublikasikan sebelumnya dan bahwa bahkan ketika pengemudi diberi peringatan tentang mereka, mereka melayani tujuan mereka.

"Jika Anda terganggu, Anda tidak akan memperhatikan informasi itu," katanya, menambahkan bahwa dalam pengalamannya, pengemudi mabuk yang datang melalui pos pemeriksaan seringkali sangat bingung atau tidak menyadari apa yang terjadi.

"Kami ingin hal-hal ini dipublikasikan, karena ini salah satu upaya utama adalah pendidikan," tambahnya.

"Tujuannya adalah untuk membuat semua orang sadar bahwa jika Anda minum, jangan mengemudi, dan jika Anda mengemudi, jangan minum."

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, pos pemeriksaan mengurangi risiko kecelakaan mengemudi dalam keadaan mabuk sebesar 20 persen.

Google sebelumnya menghadapi tekanan atas laporan lokasi polisi Waze. Setelah penembakan fatal terhadap dua petugas kepolisian New York pada bulan Desember 2014, petugas penegak hukum menyerukan agar fitur tersebut dihapuskan karena khawatir hal itu mengancam keselamatan petugas.

Charlie Beck, kepala polisi Los Angeles pada waktu itu, menulis surat itu kepada Google yang mengatakan aplikasi itu memungkinkan orang untuk menargetkan petugas. Dua bulan kemudian, presiden Asosiasi Sersan Kebajikan, sebuah serikat polisi Kota New York, diikuti dengan surat lain. Kedua pria itu menunjuk ke laporan berita bahwa pria yang membunuh dua petugas kepolisian New York telah memposting tangkapan layar dari Waze di media sosial.

Sekitar waktu yang sama, menjelang awal 2015, Asosiasi Sheriff Nasional memulai kampanye mendesak Google untuk menghapus fitur pelaporan polisi dari Waze, mengutip potensi aplikasi untuk digunakan untuk serangan terhadap petugas polisi.

Pada Rabu, direktur eksekutif asosiasi sheriff, Jonathan F. Thompson, mengatakan fitur polisi Waze tampaknya dirancang untuk memungkinkan orang untuk menghindari penegakan hukum.

"Menggunakan crowdsourcing tidak menghentikan Anda dari melanggar hukum," katanya. "Itu hanya membuatmu dicegah untuk ditangkap. Itu merongrong aturan hukum secara langsung".

Thompson mengatakan aplikasi itu juga bermasalah karena alasan lain selain membantu pengemudi mabuk. Di situs webnya, kelompok itu menyatakan keprihatinan bahwa orang yang menculik anak-anak dapat menggunakan aplikasi untuk merencanakan rute yang menghindari pos pemeriksaan polisi.

Dia juga mengatakan dia pikir aplikasi memiliki beberapa kualitas penebusan, memuji bagaimana fitur bahaya dan kecelakaannya memungkinkan orang untuk berpartisipasi dalam menjaga anggota komunitas mereka aman.

"Aplikasi ini memiliki banyak kelayakan dan banyak kualitas yang baik," kata Thompson. "Tetapi memiliki kemampuan untuk melakukan pra-pencucian dan memungkinkan pengalihan kejahatan tidak termasuk salah satunya".

KEYWORD :

Aplikasi Waze Layanan Kepolisian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :