Sabtu, 20/04/2024 02:17 WIB

Inggris Siapkan Rencana Darurat Evakuasi Kerajaan

Para pejabat Inggris telah menyiapkan rencana darurat yang dirancang sejak Perang Dingin untuk mengevakuasi keluarga kerajaan, jika seandainya terjadi kerusuha

Ratu Elizabeth II (Foto: ID News)

London – Para pejabat Inggris telah menyiapkan rencana darurat yang dirancang sejak Perang Dingin untuk mengevakuasi keluarga kerajaan, jika seandainya terjadi kerusuhan jelang keluarnya Inggris dari Uni Eropa bulan depan.

“Rencana evakuasi darurat telah ada sejak Perang Dingin. Tapi sekarang telah dirancang ulang jika terjadi kekacauan sipil setelah Brexit yang tidak disetujui,” demikian keterangan sumber anonim yang dikutip Sunday Times pada Minggu (3/2).

Hal senada juga ditulis Daily Mail, yang menyebut pemerintah telah mempelajari rencana memindahkan keluarga kerjaan, termasuk Ratu Elizabeth II ke lokasi yang aman dari London.

Seperti diketahui, pemerintah Inggris sedang berjuang mendapatkan dukungan parlemen untuk transisi Brexit dengan Uni Eropa pada 29 Maret. Kini muncul ketidakpastian, sebab diprediksi Brexit akan terjadi tanpa kesepakatan.

Bulan lalu seuah pidato tahunan Ratu Elizabeth II kepada kelompok perempuan, secara luas ditafsirkan  di Inggris sebagai panggilan bagi politisi untuk mencapai kesepakatan atas Brexit.

Anggota parlemen dari Partai Konservatof Jacob Rees-Mogg mengatakan bahwa rencana evakuasi keluarga keluargaan sebagai bentuk kepanikan. Sebab dulunya bangsawan senior tetap tinggal di London selama Perang Dunia II.

KEYWORD :

Kesepakatan Brexit Keluarga Kerajaan Rencana Darurat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :