Jum'at, 26/04/2024 05:36 WIB

Ratusan Tentara Tambahan AS Tiba di Suriah

Sekitar 600 tentara tambahan AS Minggu kemarin tiba di pangkalan udara Harab Isk dan Sirrin di timur Sungai EfratMohamad Misto, Levent Tok.

Amerika Serikat mengerahkan sekitar 2.000 pasukan militer di Suriah (Foto: US Army/AP Photo)

Washington - Ratusan tentara tambahan Amerika Serikat (AS) untuk mengamankan proses penarikan tentara AS dari Suriah tiba dii pangkalan udara Harab Isk dan Sirrin di timur Sungai Efrat.

Media loka memperkirakan pasukan tambahan AS yang tiba pada Minggu kemarin itu sebanyak 600. Pangkalan AS di daerah Rumailan dan daerah Tal Baidar di kota Hasakah akan digunakan untuk evakuasi alat-alat berat.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan AS (Pentagon) mengkonfirmasi bahwa AS mengirim pasukan tambahan ke Suriah untuk memberikan perlindungan kepada pasukan Amerika lainnya dan peralatan mereka selama proses penarikan diri dari negara itu di bawah arahan Presiden Donald Trump.

Juru bicara Pentagon, Sean Robertson, mengatakan operasi Inherent Resolve sedang melaksanakan penarikan pasukan secara tertib dari timur laut Suriah.

"Jumlah pasukan akan naik-turun selama proses ini. Karena khawatir akan keamanan operasional, kami tidak akan membahas pergerakan pasukan atau jadwal yang spesifik," kata Robertson dalam sebuah pernyataan melalui email, dilansir dari Anadolu.

Ia mengatakan penarikan pasukan didasarkan pada kondisi operasional di lapangan, termasuk percakapan dengan sekutu dan mitra AS, dan tidak tunduk pada jadwal waktu yang sewenang-wenang.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, menolak untuk merinci jumlah pasukan yang dikirim atau tujuan mereka dengan alasan keamanan.

Bulan lalu, Trump tiba-tiba mengumumkan rencananya untuk menarik 2.000 tentara Amerika dari Suriah, mengklaim bahwa koalisi pimpinan-AS telah berhasil mengalahkan kelompok teroris Daesh secara militer.

KEYWORD :

Perang Saudara Perang Suriah Militer Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :