Sabtu, 20/04/2024 16:48 WIB

Benarkah Jokowi Tertekan?

Presiden Jokowi disebut terlalu agresif dalam debat perdana Pilpres 2019. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menyerang Prabowo secara pribadi. Apakah benar Jokowi dalam posisi tertekan?

Presiden Jokowi

Jakarta - Presiden Jokowi disebut terlalu agresif dalam debat perdana Pilpres 2019. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menyerang Prabowo secara pribadi. Apakah benar Jokowi dalam posisi tertekan?

Pakar Psikologi politik Irfan Aulia Syaiful mengatakan, Jokowi sebagai petahana memang tampak terlalu agresif. Menurutnya, sikap Jokowi tersebut menunjukkan dalam kondisi yang sedang tertekan.

"Pak Jokowi terlalu cepat menembak, nggak sabar. Dan orang yang cepat nembak biasanya karena tertekan," kata Irfan, di Rumah Sriwijaya, Jakarta, Senin (21/1).

Kata Irfan, kondisi Jokowi yang sedang tertekan bisa dikarenakan elektabilitas yang stagnan dan cenderung merosot, serta masih banyaknya pemilih yang belum menentukan pilihan jelang pemungutan suara pada 17 April mendatang.

"Saya lebih suka yang empiris saja, kalau dari teman-teman survey, memang dia (Jokowi) mungkin dikalahkan dan itu menurut saya cukup mengganggu," kata Irfan.

Sementara, kata Irfan, sikap Prabowo saat debat perdana tampak terlihat lebih tenang. Menurutnya, Prabowo lebih sabar dalam setiap menanggapi pertanyaan yang dilontarkan Jokowi.

"Saya agak kaget juga kok dia (Prabowo) tampilkan sesuatu yang unik, baru, dan tidak ditampilkan sebelumnya, yaitu lebih tenang dan lebih sopan, bahkan terlalu sopan untuk oposisi," kata Irfan.

KEYWORD :

Pilpres 2019 Debat Capres Jokowi Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :