Sabtu, 20/04/2024 13:34 WIB

Donald Trump Niat Keluarkan AS dari NATO

Presiden Donald Trump menyarankan beberapa kali tahun lalu bahwa dia ingin Amerika Serikat menarik diri dari NATO.

Ilustrasi bendera anggota NATO (foto: google)

Jakarta - Presiden Donald Trump menyarankan beberapa kali tahun lalu bahwa dia ingin Amerika Serikat menarik diri dari NATO. Pejabat administrasi senior mengatakan kepada surat kabar Trump telah membuat saran secara pribadi sepanjang 2018.

Selama KTT NATO musim panas lalu, presiden mengatakan dia tidak melihat titik dalam aliansi, dengan negara-negara lain tertinggal dalam pengeluaran pertahanan mereka.

Selain itu, Trump memusuhi sekutu AS dengan mempertanyakan mengapa negara-negara lain tidak meningkatkan pengeluaran pertahanan mereka dan juga secara langsung mengkritik Jerman.

NATO dibentuk pada 1949 sebagai aliansi militer bagi negara-negara untuk bertindak sebagai pencegah terhadap Uni Soviet saat itu. Namun, penarikan AS akan menjadi keberhasilan terliar yang bisa diimpikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Setiap langkah potensial Trump untuk menarik "akan menghancurkan 70 tahun lebih kerja keras di berbagai pemerintahan, Republik dan Demokrat, untuk menciptakan mungkin aliansi yang paling kuat dan menguntungkan dalam sejarah," ujar Michele A. Flournoy, seorang pejabat pertahanan terkemuka di bawah mantan Presiden Barack Obama dilansir aa.

Pada tahun 2014, negara-negara anggota NATO berkomitmen untuk 2 persen dari PDB mereka terhadap pengeluaran pertahanan pada tahun 2024, namun, hanya empat dari 29 negara yang melakukannya.

Trump sangat kritis terhadap anggota NATO lainnya, mengatakan bahwa AS membayar jauh lebih banyak daripada negara lain dan melindungi sekutu yang menghabiskan lebih sedikit untuk pertahanan daripada yang mereka berkomitmen.

Ketika Penasihat Keamanan Nasional John Bolton dan Sekretaris Pertahanan James Mattis menyusun strategi NATO negara itu, mereka tidak mengatakan apakah penarikan AS dari aliansi itu akan menguntungkan Rusia atau melemahkan pengaruh Amerika di Eropa.

Ketika beberapa laporan muncul setelah pertemuan puncak yang mengindikasikan Trump telah mengancam untuk menarik diri dari aliansi, presiden tidak membantah tuduhan itu dan mengatakan bahwa ia telah bersikap tegas dengan sekutu-sekutunya.

Trump telah menarik AS dari lebih dari satu aliansi transnasional selama masa jabatannya. Dalam dua tahun masa kepresidenannya, Trump mengumumkan penarikan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan, atau dikenal sebagai Kesepakatan Nuklir Iran, Kesepakatan Iklim Paris dan Trans Pasifik Kemitraan.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Lembaga NATO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :