Sabtu, 20/04/2024 17:44 WIB

PBB Tarik 260 Staf di Nigeria

PBB menarik sekitar 260 staf di wilayah timur laut negara itu untuk mengantisipasi ancaman serangan-serangan.

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Abuja  - Juru bicara Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Nigeria, Samatha Newport, mengumumkan,  PBB menarik sekitar 260 staf di wilayah timur laut negara itu untuk mengantisipasi ancaman serangan-serangan.

"Sekitar 260 staf yang bertugas memberikan bantuan kemanusiaan di wilayah Monguno, Kala/Balge dan Kukawa di timur laut Nigeria ditarik karena bentrokan yang terus berlangsung di wilayah tersebut," kata Newport, dilansir dari Anadolu.

Lebih dari 30 ribu warga terpaksa meninggalkan rumah mereka di negara bagian Borno karena meningkatnya serangan kelompok bersenjata yang diduga anggota organisasi Boko Haram.

Boko Haram memulai aksi kekerasan sejak awal 2000-an. Setelah kematian pemimpinnya, Muhammad Yusuf di tahanan Nigeria pada 2009, kelompok ini melancarkan kekerasan yang menyebabkan sekitar 17.000 orang meninggal.

Organisasi tersebut bertanggung jawab atas penculikan sejumlah tentara dan sejak awal tahun ini mereka telah memperluas jangkauan aksi serangannya ke negara tetangga seperti Kamerun, Benin, Chad, dan Niger.

Ratusan ribu warga terpaksa meninggalkan kampung halamannya akibat serangan teror dan konflik di negara tersebut.

KEYWORD :

Kelompok Teroris Nigeria Staf PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :