Selasa, 23/04/2024 14:48 WIB

Saudi Aramco Miliki Penuh Saham Perusahaan Bahan Kimia Arlanxeo Holding

Perusahaan menyelesaikan akuisisi sisa 50 persen saham perusahaan patungan Arlanxeo dari Lanxess.

Aramco (Foto: Ahmed Jadallah/Reuters)

Arab Saudi - Saudi Aramco resmi menjadi pemilik penuh Arlanxeo Holding B.V., perusahaan patungan Belanda. Sebanyak 50 persen saham Lanxess di Arlanxeo dibeli seharga 1,5 miliar euro.

Dilansir dari anadolu, pembelian ini juga memungkinkan diversifikasi lebih lanjut perusahaan energi dan bahan kimia pemerintah Saudi serta memperkuat kemampuan perusahaan dalam produksi energi dan bahan kimia.

Transaksi ini awalnya diumumkan pada Agustus 2018. Siaran pers terpisah dari Lanxess mengatakan perusahaan bahan kimia khusus Jerman itu menerima dana sekitar 1,4 miliar euro.

Menurut pernyataan Saudi Aramco, Arlanxeo, sebagai anak perusahaan akan mempercepat pengembangan peluang pertumbuhan dengan mengintegrasikan posisi bahan baku yang kuat dari raksasa Saudi ini.

"Selain itu, kepemilikan penuh Arlanxeo akan meningkatkan upaya keberlanjutan Saudi Aramco untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar terkait kinerja ban sejalan dengan strategi R&D bahan bakar yang efisien, yang difokuskan pada peningkatan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi mesin," kata pernyataan tersebut.

"Semua upaya ini selaras dengan aspirasi hilir Saudi Aramco yang menyeluruh untuk mendorong nilai dengan memperluas dan mengintegrasikan portofolio dan kemitraannya, serta menciptakan aliran pendapatan tambahan," tambahnya.

Pemasaran, penjualan dan distribusi bahan kimia khusus dan produk karet sintetis, terutama untuk industri ban dan otomotif global volume tinggi, demikian pernyataan tersebut.

KEYWORD :

Saudi Aramco Arlanxeo Holding Bahan Kimia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :