Selasa, 16/04/2024 15:01 WIB

Pembunuhan Israel di Jalur Gaza Terbesar 2018

Israel menewaskan 57 orang dan melukai 7 ribu warga Palestina yang berusia di bawah 18 tahun dalam serangan-serangan ke perbatasan Gaza.

Aksi militer di Jalur Gaza (Foto: AFP)

Ankara - Menurut data dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA), pasukan Israel menewaskan 295 warga Palestina dan melukai 29 ribu lainnya sejak awal 2018.

Dengan demikian, 2018 ini menjadi tahun terbanyak warga Palestina yang tewas dan terluka akibat serangan pasukan Israel di Gaza dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sejak Israel melancarkan serangan ke wilayah Gaza pada 2014 lalu.

Sebanyak 180 orang tewas dan 23 ribu lainnya menderita luka-luka akibat serangan pasukan Israel terhadap warga Palestina yang melakukan aksi damai "Great March of Return" di perbatasan Jalur Gaza-Israel sejak 30 Maret lalu.

Menurut laporan OCHA itu, pasukan Israel menewaskan 57 orang dan melukai tujuh  ribu warga Palestina yang berusia di bawah 18 tahun dalam serangan-serangan ke perbatasan Gaza.

OCHA mengungkapkan 15 warga Palestina lainnya terbunuh dalam operasi-operasi pasukan Israel di Tepi Barat.

Terjadi 265 peristiwa pembunuhan, penganinayaan atau perusakan barang milk warga Palestina oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Jumlah peristiwa itu meningkat 69 persen di bandingkan tahun lalu. Sepanjang 2018 ini, Israel masih terus melancarkan blokade laut, udara dan darat terhadap Gaza.

Sebanyak 1,3 juta warga Gaza, sekitar 68 persen dari populasi wilayah tersebut, berhadapan dengan ancaman kelaparan akibat blokade Israel. OCHA mengingatkan pada 2014 persentase kelaparan hanya 59 persen dari jumlah populasi Gaza.

Tingkat pengangguran di Gaza mencapai rekor 53 persen dalam tiga kuartal pertama tahun 2018. Tingkat pengangguran di kalangan kaum muda juga mencapai angka 69 persen.

Sedangkan di Tepi Barat, 12 persen warga Palestina terancam kelaparan dengan tingkat pengangguran 18 persen.

OCHA mengumumkan dana bantuan kemanusiaan pada 2018 turun ke tingkat terendah meski kondisi di seluruh wilayah Palestina semakin memburuk.

KEYWORD :

Palestina Israel Teroris Israel Teroris Israel Teroris Jalur Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :