Sabtu, 20/04/2024 04:23 WIB

China Mulai Impor Beras dari AS

China membuka pintu untuk impor beras dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya setelah tahun yang dingin yang ditandai dengan ketegangan dan tekanan untuk tarif pajak. 

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Getty Images)

Jakarta - China membuka pintu untuk impor beras dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya setelah tahun yang dingin yang ditandai dengan ketegangan dan tekanan untuk tarif pajak.

Lampu hijau dari bea cukai Tiongkok, ditunjukkan dalam pernyataan yang diposting di situs web otoritas bea cukai pada Jumat, datang menjelang pembicaraan antara negara-negara pada bulan Januari setelah Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping setuju untuk moratorium tarif yang lebih tinggi itu akan memengaruhi perdagangan senilai ratusan miliar dolar.

Tidak jelas berapa banyak beras yang mungkin dicari China, yang sumbernya diimpor dari Asia, untuk membeli dari Amerika Serikat. Tetapi langkah itu, yang datang setelah bertahun-tahun pembicaraan tentang masalah itu, mengikuti janji dari kementerian perdagangan China tentang pembukaan perdagangan lebih lanjut AS awal pekan ini.

“Saya tidak akan terkejut melihat importir mencoba memindahkan beras ke China dari California tetapi saya tidak tahu apakah itu akan dalam jumlah yang menakjubkan segera,” kata Stuart Hoetger, seorang analis dan pedagang beras fisik yang berbasis di California dikutip Reuters.

Pada 27 Desember, impor beras merah, beras dipoles dan beras hancur dari Amerika Serikat sekarang diizinkan, selama kargo memenuhi standar inspeksi China dan terdaftar di Departemen Pertanian AS.

USDA pada 11 Desember memperkirakan produksi beras AS sebesar 6,93 juta ton sementara impor beras Cina diperkirakan 5 juta ton. Beras hanya merupakan bagian kecil dari ekspor pertanian AS, yang didominasi oleh pengiriman kedelai, biji-bijian, kacang-kacangan pohon, dan daging.

Harga beras AS memiliki sedikit reaksi terhadap pengumuman tersebut, turun 7 sen menjadi $ 10,06 per cwt.

"Izin untuk beras AS menunjukkan hubungan AS dan Cina yang membaik," kata Cherry Zhang, seorang analis pertanian dengan konsultasi JCI. Zhang mengatakan dia berharap impor apa pun kemungkinan akan dipesan oleh perusahaan milik negara.

Para pejabat di think tank yang berafiliasi dengan pemerintah di Beijing mengatakan harga beras AS tidak kompetitif, dibandingkan dengan impor dari Asia Selatan, dan mengatakan langkah untuk secara resmi mengizinkan impor dari Amerika Serikat harus ditafsirkan sebagai isyarat niat baik.

China membuka pasar beras ketika bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001, tetapi kurangnya protokol fitosanitasi antara Cina dan Amerika Serikat secara efektif melarang impor, menurut kelompok perdagangan USA Rice.

Meskipun demikian, pada bulan Juli Cina secara resmi mengenakan tarif tambahan 25 persen untuk beras AS, meskipun impor tidak diizinkan pada saat itu.

KEYWORD :

Impor Beras China Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :