Sabtu, 20/04/2024 18:12 WIB

Rangkaian Foto Jokowi Saat Datang ke Lokasi Bencana Tsunami Banten

Jokowi langsung datang ke lokasi bencana tsunami di Tanjung Lesung, Pandeglang Banten. Berikut rangaikan foto-fotonya.

Jokowi diantara reruntuhan puing akibat bencana tsunami di Banten. (Foto : Jurnas/Seskab/WA jurnalis)

Banten- Presiden RI bersama Joko Widodo didampingi Kapolri Jendral Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto dan rombongan telah tiba di lokasi bencana tsunami Pandeglang, Banten.

Kedatangan Jokowi ke Pandeglang disambut antusias masyarakat sekitar. Mulai dari orang tua, nenek-nenek, kakek-kakek hingga anak-anak kecil yang berkerumunan menghampiri Jokowi.

Datang dengan mengenakan helikopter milik TNI AD dan mengenakan kemeja putih digulung,  celana jeans serta sepatu sket, Jokowi langsung menghampiri warga yang sudah menantinya.

“Pak Jokowi, terimkasih bapak sudah datang. Terimkasih pak,” ucap warga yang datang dan langsung menyalami Jokowi, dengan mencium tangan pak Presiden itu.

Jokowi terus menebarkan senyuman dan memberi kekuatkan kepada warga yang rumahnya roboh dan kehilangan keluarga. Ia juga mengintruksikan timnya untuk segera bekerja cepat memenuhi apa yang dibutuhkan warga seteampat.

Ia langsung melihat beberapa reruntuhan rumah warga yang porak poranda. Bahkan ia juga menyempatkan diri untuk ke pesisir pantai disekitar lokasi. Ia memantau seluruh aktifitas yang ada sekaligus memberi semangat dan kekuatan kepada korban bencana di lokasi tersebut.

Tidak itu saja, Jokowi juga mengintruksikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) segera membeli alat pendeteksi dini tsunami untuk di Selat Sunda. Sehingga masyarakat dapat mengetahui secara dini datangnya bencana.

"Saya perintahkan BMKG beli early warning system, alat pendeteksi dini pada masyarakat," kata Jokowi di lokasi bencana di Pandeglang, Banten, Senin (24/12).

Ia juga meminta kepada masyarakat luas, untuk tidak dengan cepat menyimpulkan penyebab terjadinya bencana tsumani di Banten.

"Semua masih dalam pengecekan agar informasinya tepat. Sekarang kita belum dapat menyimpulkan dari mana (penyebab tsunami), jangan menyimpulkan dulu" pinta Jokowi.

Sebelumnya, tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda yakni Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan pada Sabtu 22 Desember 2018, sekitar pukul 21.00 WIB.

Tim gabungan dari Polri, TNI, BNPB, Basarnas, Kementerian PU Pera, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BPBD, SKPD, NGO, relawan dan masyarakat dan lainnya masih terus melakukan penanganan darurat di daerah dampak tsunami Anyer, Tanjung Lesung, Carita, Pandeglang, Banten.

KEYWORD :

Jokowi Tsunami Banteng Presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :