Kamis, 25/04/2024 00:10 WIB

Partai Demokrat dan Republik Bikin Trump Ngambek

Anggota senat menunda persidangan tanpa mengeluarkan legislasi pengeluaran negara, termasuk USD5 milyar yang diminta Trump untuk dinding perbatasan.
 

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: IRNA)

Washington - Pemerintahan Amerika Serikat (AS) sebagian ditutup setelah anggota partai Demokrat dan anggota partai Republik menolak menyetujui permintaan Presiden Donald Trump mendanai tembok perbatasannya yang telah lama dijanjikan.

Trump sebelumnya mengatakan akan senang hati menutup pemerintahan, kecuali menerima USD5 miliar untuk untuk mendanai pembangunan dinding penghalang di sepanjang perbatasan selatan AS.

"Jika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Saya akan menutup pemerintah," kata Trump pada pertemuan yang panas dengan kepemimpinan Demokrat.

"Saya akan mengambil keputusan. Saya akan menjadi orang yang menutupnya. Saya tidak akan menyalahkan Anda untuk itu," sambungnya dilansir dari Anadolu.

Dalam pesan video pra-rekam ketiga minggu ini, Trump mengatakan "itu benar-benar terserah Demokrat, karena kita membutuhkan suara mereka" untuk membuat dinding pemisah.

"Kami akan melakukan penutupan. Tidak ada yang bisa kami lakukan tentang itu, karena kami membutuhkan Demokrat untuk memberi kami suara mereka. Penutupan (pemerintahan ini semoga tidak akan berlangsung lama," katanya.

Senat awal pekan ini mengesahkan RUU pengeluaran sementara yang akan mendanai hingga Februari lembaga-lembaga yang telah ditutup. Tapi itu tidak termasuk dana untuk dinding Trump, dan ketika menuju ke DPR, presiden buru-buru mengadakan pertemuan dengan para pemimpinnya.

Semua legislator Demokrat menentang dana untuk dinding pemisah, seperti halnya beberapa anggota Partai Republik.

Sekitar 75 persen dari pemerintah tetap terbuka dan didanai, termasuk Departemen Pertahanan, menyusul langkah pengeluaran terpisah yang disahkan pada bulan September.

Tetapi untuk seperempat agensi lain yang akan terpengaruh, termasuk Departemen Perdagangan dan NASA, banyak dari ratusan ribu karyawan akan dipaksa untuk mengambil cuti yang tidak dibayar, juga dikenal sebagai cuti.

Sekitar 420.000 karyawan federal lainnya masih akan diminta untuk datang bekerja tetapi tidak akan menerima gaji sampai pemerintah secara resmi dibuka kembali.

Trump telah berjanji dalam kampanyenya untuk meminta Meksiko membayar untuk tembok perbatasannya, tetapi dua tahun kemudian, para pejabat Meksiko tetap bersikukuh bahwa mereka tidak akan berkontribusi sama sekali terhadap proposal tersebut, memaksa presiden untuk beralih ke Kongres.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Dinding Perbatasan Meksiko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :