Jum'at, 19/04/2024 23:12 WIB

Rusia Bertekad Kembalikan Kejayaan Era Soviet di Timur Tengah

Pemimpin oposisi Sudan mengkritik kunjungan Presiden Omar al-Bashir ke Damaskus.
 

Militer Rusia

Addis Ababa, Ethiopia - Perdana Menteri Sudan dan pemimpin Partai Nasional Umma Sadiq Al-Mahdi, mengatakan bahwa Rusia berusaha mengembalikan kejayaannya di Timur Tengah seperti di era Uni Soviet.

Seorang tokoh oposisi terkemuka, Al-Mahdi menilai kunjungan Presiden Sudan Omar al-Bashir ke Damaskus beberapa waktu lalu merupakan contoh lain dari upaya Al-Bashir untuk "melompati kapal" dan menambahkan, kunjungan itu dipimpin oleh Rusia.

"Kunjungan ini jelas dilakukan untuk mendukung kepentingan Rusia di kawasan itu. Sekarang, Rusia berusaha membangun kembali posisinya di Timur Tengah, seperti di era Soviet," terangnya kepada Anadolu Agency, mengomentari perkembangan terakhir di kawasan dan Sudan.

Menyambut peningkatan hubungan dengan Turki, Al-Mahdi melanjutkan dengan mengatakan bahwa itu adalah suatu keharusan bahwa Turki, Iran dan dunia Arab menandatangani perjanjian keamanan dan mengambil langkah-langkah menuju kerja sama.

"Uni Arab harus memiliki kebijakan bersama dan harus bekerja sama, bukannya menciptakan konflik," katanya, menekankan bahwa Timur Tengah sebaliknya akan terus menjadi medan perang bagi kekuatan asing.

Al-Mahdi mengatakan bahwa dia senang dengan suasana positif antara negara-negara Tanduk Afrika, menambahkan bahwa pemerintah Ethiopia memainkan peran penting dalam perkembangan ini.

"Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed berhasil mencapai reformasi di dalam negeri dan rekonsiliasi di luar negeri," katanya.

Menggarisbawahi bahwa Sudan menghadapi masalah serius dan adanya kebutuhan reformasi yang akan memastikan perdamaian dan demokratisasi, dia mengatakan bahwa masalah keuangan dan politik berasal dari konflik internal.

Al-Mahdi menunjukkan bahwa sebagian besar pendapatan Sudan terbuang percuma untuk konflik, menambahkan bahwa negara itu masih berada di bawah sanksi, meskipun AS telah mencabut beberapa dari mereka.

 

 

KEYWORD :

Kejayaan Uni Soviet Rusia Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :