Jum'at, 26/04/2024 03:58 WIB

Hari Ini Evakuasi Sisa Jenazah Korban Kelompok Bersenjata Papua

Selain delapan korban meninggal dunia, turut dievakuasi delapan korban yang ditemukan dalam kondisi selamat.

Kelompok bersenjata di Papua

Jakarta - Sisa delapan dari 16 korban pembantaian oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Gunung Kabo, Nduga Papua, siang ini (9/12) baru akan dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter TNI Angkatan Darat.  Pasalnya, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk diterbangkan.

Delapan orang korban lainnya yang pekerja PT Istaka Karya (persero), pada hari sebelumnya (6/12)telah lebih dulu diberangkatkan  setelah tim  forensik Mabes Polri mengidentifikasi jenazah.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar AM Kamal mengatakan, delapan jenazah itu akan diserahkan oleh Polri kepada pihak Istaka Karya pada Jumat pagi (7/12).

"Penyerahan jenazah akan dilakukan pagi ini pukul 07.45 WIT bertempat di Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika," kata Kamal dilansir Antara.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan proses evakuasi para korban kekerasan kelompok bersenjata  berlangsung lancar dan cepat.

Selain delapan korban meninggal dunia, turut dievakuasi delapan korban yang ditemukan dalam kondisi selamat. "Kami semua berupaya semaksimal membuat proses ini lancar dalam rangka kemanusiaan," ujarnya.

"Namun semua harus menyadari bagaimana kondisi geografis Papua, kadang di Timika cuacanya cerah, tapi di pedalaman justru tidak clear (tak bagus). Kami juga menghendaki proses ini cepat," kata Yosua.

Dikatakan Josua lagi, "apa pun risiko yang kami hadapi di lapangan, kami tidak takut menghadapi, itu sebagai wujud negara hadir untuk menyelamatkan warganya," katanya.

KEYWORD :

Kelompok Kriminal Bersenjata Teroris Papua Istaka Karya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :