Kamis, 25/04/2024 20:01 WIB

Rusia Bakal Bangun Koloni di Bulan 2040

Rusia telah mengumumkan rencana baru untuk menempatkan kosmonot di bulan dan mendirikan koloni lunar pada tahun 2040 mendatang.

Bulan Sabit

Jakarta - Rusia telah mengumumkan rencana baru untuk menempatkan kosmonot di bulan dan mendirikan koloni lunar pada tahun 2040 mendatang.

Badan ruang angkasa nasional Rusia, Roscomos, pertama kali merancang rencana tiga tahap pada tahun 2014. Sejak itu telah ditinjau ratusan aplikasi kosmonot untuk proyek tersebut.

Tahap akhir dari program eksplorasi tiga tahap bulan dijadwalkan akan dimulai setelah 2035 dengan pembangunan basis bulan penuh yang dapat dihuni yang akan selesai pada tahun 2040.

Tahap pertama akan mencakup pengujian teknologi pada 2025, dan yang kedua akan melihat penerbangan berawak pertama ke bulan antara 2025 dan 2035.

"Program lunar akan dilaksanakan dalam beberapa tahap," kata Roscosmos setelah sesi bersama dengan dewan ruang angkasa Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dikutip UPI.

"Tujuan program eksplorasi bulan adalah untuk melindungi kepentingan nasional di perbatasan ruang angkasa baru," tambahnya.

Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang pernah mengirim manusia ke bulan. Yang terakhir pada tahun 1972 silam.

KEYWORD :

Rusia Eksploitasi Bulan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :