Selasa, 23/04/2024 16:37 WIB

Tanda-tanda Orang Psikopat

Psikopat merupakan bagian dari gangguan kepribadian yang dapat ditandai dengan perilaku antisosial, impulsif, tidak mengikuti atau mengabaikan norma di dalam masyarakat, serta tidak memiliki perasaan takut ataupun bersalah.

Ilustrasi seorang psikopat (foto:google)

Jakarta - Psikopat merupakan bagian dari gangguan kepribadian yang dapat ditandai dengan perilaku antisosial, impulsif, tidak mengikuti atau mengabaikan norma di dalam masyarakat, serta tidak memiliki perasaan takut ataupun bersalah.

Dalam suatu studi yang diterbitkan oleh jurnal Frontiers in Human Neuroscience, menunjukkan adanya perbedaan aktivitas pada otak psikopat dan yang tidak. Dalam penelitian tersebut menunjukkan otak psikopat terkadang tak terkontrol, sehingga mereka akan dengan mudah melakukan hal-hal negatif tanpa berpikir akibat perbuatan tersebut.

Namun biasanya orang psikopat sangat sulit untuk memastikan seorang psikopat atau tidak, lantaran ia juga beraktivitas sebagaimana orang pada umumnya. Untuk itu perlu lebih dalam melihat tanda-tanda yang dimiliki seorang psikopat.

Berikut tanda-tanda orang psikopat sebagaimana dilansir pyschology Today:

- Tidak peduli, tidak berempati dan berhati dingin.
Memiliki emosi yang dangkal, tidak memiliki rasa malu atau perasaan bersalah.

- Tidak bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan, serta cenderung menyalahkan orang lain atas perbuatan yang telah dilakukan.

- Sering berkata bohong.

- Sangat percaya diri dan senang menjadi pusat perhatian.

- Bersikap egois dan egosentris.

- Tidak mampu merencanakan masa depan.

- Bersikap atau bertindak kasar.

KEYWORD :

Gejala Psikopat Penyakit Mental




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :