Sabtu, 20/04/2024 06:38 WIB

Nelayan Tiongkok Diam-diam Tangkap Ikan di Laut Korsel

Pasukan Penjaga Pantai Korea mengatakan mereka menyita kapal seberat 30 ton yang melewati Garis Batas Utara, garis demarkasi maritim di Laut Barat antara Korea Utara dan Korea Selatan, dekat pulau Baekryeong

Penangkapan kapal ilegal milik nelayan Tinongkok (foto:UPI)

Jakarta - Penjaga pantai Korea Selatan mengatakan menangkap sebuah perahu nelayan Tiongkok yang secara ilegal memancing di dekat perairan di sebuah pulau paling selatan Korea Selatan.

Pasukan Penjaga Pantai Korea mengatakan mereka menyita kapal seberat 30 ton yang melewati Garis Batas Utara, garis demarkasi maritim di Laut Barat antara Korea Utara dan Korea Selatan, dekat pulau Baekryeong.

Kapal itu melintasi perbatasan laut Korea Selatan dengan Korea Utara dan berlayar empat mil ke barat pulau Baekryeong sekitar pukul 12:19 siang. Penjaga pantai memerintahkan untuk berhenti tetapi melarikan diri meskipun ada peringatan.

Kapal itu diduga memiliki kisi-kisi besi yang siap di masing-masing sisi kapal untuk menanggapi kemungkinan bentrokan dengan pasukan Korea Selatan. Enam nelayan ada di kapal dengan sekitar 705 pon tangkapan, termasuk kulit kerang.

Petugas penjaga pantai mengatakan bahwa mereka akan menyelidiki para nelayan tersebut, dan siap melakukan tindakan hukum jika mereka terbukti bersalah.

"Tahun ini total 21 kapal nelayan Tiongkok telah ditangkap secara ilegal di Korea Selatan dan 1.020 kapal telah diperintahkan untuk dihancurkan," kata penjaga pantai barat Korea Selatan dilansir UPI.

Penangkapan ikan ilegal oleh kapal-kapal Tiongkok telah menjadi sumber ketegangan diplomatik antara Korea Selatan dan China.

KEYWORD :

Nelayan Tiongkok Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :