Kamis, 18/04/2024 12:44 WIB

Ini Alasan Presiden Jokowi Pilih Andika Perkasa

Awalnya ada empat kandidat yang diajukan untuk dipilih menjadi KSAD menggantikan Jenderal Moelyono.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menyampaikan ucapan selamat kepada Jend. Andika Perkasa usai pelantikannya sebagai KSAD, di Istana Negara, Jakarta (Foto: Hanya Setkab)

Jakarta - Alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Pangkostrad Letjen Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Moelyono yang akan segera memasuki masa pensiun telah mempertimbangkan rekam jejak Andika.

“Kita melihat rekam jejak Pak Andika ini pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, kemudian sudah pernah di penerangan juga. Saya kira apa itu, tour of duty nya komplit. Dan pernah di Komandan Paspampres,” kata Presiden Jokowi melalui siaran pers Sekretariat Kabinet, Kamis (22/11).

Diakui Presiden, memang ada beberapa kandidat yang diajukan untuk menjadi KSAD. Namun Andika dinilai memiliki rekam jejak yang komplit. “Jadi, ya memang ada beberapa kandidat tetapi inilah yang telah kita putuskan,” ujarnya.

Presiden Jokowi tidak mempersoalkan berapa lama karir Andika di Pangkostrad sebelum dilantik sebagai KSAD. Namun ia meminta, dilihat sendiri perjalanan karir Andika, yang menurutnya sudah memenuhi semuanya.

Demikian pula soal usia Andika, Presiden Jokowi menegaskan, bukan masalah muda atau tidak muda. Namun semua ada hitung-hitungannya.

“Sekali lagi semuanya kan ada itung-itungannya. Terutama pengalaman, rekam jejak, kemudian juga yang berkaitan dengan pendidikan-pendidikan, apa yang telah dijalani, semuanya kita lihat,” tegasnya.

Sebagai informasi, pelantikan Andika Perkasa sebagai KSAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 97/TNI/2018, tanggal 22 November 2018, yang dibacakan oleh Sekretaris Militer (Sesmil) Marsekal Tresno Hendradi. Ia menggantikan Jenderal TNI Moelyono yang akan segera memasuki masa pensiun.

Dengan pelantikan dirinya sebagai KSAD itu, maka pangkat Andika Perkasa naik satu tingkat menjadi Jenderal.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Andika Perkasa KSAD TNI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :