Kamis, 25/04/2024 22:46 WIB

Peran Penting Masyarakat dan Tokoh Lintas Agama Untuk Jaga Kedamaian

Asrena Kapolri Bapak Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Simengajak masyarakat dan peran tokoh lintas agama untuk ikut menjaga kedaimaian jelang pemilu.

Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono saat enyampaikan pesannya jelang pemilu. (Foto : Istimewa)

Jakarta- Asrena Kapolri Bapak Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si yang juga menjabat sebagai Kasatgas Nusantara Polri membuka Seminar Nasional dan Deklarasi Pemilu Damai dengan tema
"Peran Tokoh Lintas Agama di Tahun Politik" yang diselenggarakan oleh Komisi kerukunan Antar Umat beragama dan MUI pada Kamis  15 november 2018 yang bertempat di Ballroom Peninsulla jakarta Barat.

Dalam acara seminar ini hadir seluruh Majelis Keagamaan dari seluruh Indonesia diantaranya, DR. K.H. As’ad Said Ali, Dr. K.H. Yusnar Yusuf, MS, Romo Agustinus Ulahayanan, MPU Suhadi Sendjaja, Pdt. Dr.Henriette L. Hutabarat – Lebang, Wayan Suyasa, Drs. Uung Sendana L. Linggaraji, SH, M.Ag, Ketua Bawaslu RI Abhan SH,MH dan Ketua KPU RI Dr. Arif Budiman, M.Si.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia dan Doa yang yang diikuti oleh seluruh peserta dan Narasumber yang hadir.

Dalam kesempatan ini, Bapak Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si menyampaikan sambutan dan paparan singkat mengenai kemajemukan dan keberagaman serta toleransi yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Masyarakat Indonesia harus mensyukuri karena Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, Negara yang toleran dan dapat saling menghormati keberagaman yang ada di Indonesia, baik dari tokoh masyarakat, adat, dan tokoh Agama dapat saling menjaga Persatuan dan Kesatuan  serta kebhinekaan Negara Indonesia,” ujar Gatot Eddy Pramono.  

Negara Indonesia juga memiliki kesadaran Ideologi yang dimiliki yaitu Pancasila, pada sila pertama "KeTuhanan yang Maha Esa" dan sila ke tiga "Persatuan Indonesia" merupakan ideologi yang mencerminkan Indonesia beragam.

“Pada Tahun 2019 mendatang, akan diadakan kontestasi Pollitik yaitu Pemilu. Peran Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh lapisan elemen masyarakat diharapkan mampu memberikan colling System di dalam Pemilu yang akan berlangsung tidak lama lagi. Kita hindari dan filter kampanye hitam yang mengadu domba masyarakat,” tegas Gatot Eddy Purnomo lagi.

KEYWORD :

Gatot Eddy Pramono Tokoh Lintas Agama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :