Sabtu, 20/04/2024 01:28 WIB

Kemendes PDTT Gelar Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa

Dalam kegiatan workshop ini diikuti oleh sekitar 150 peserta dari para pejabat di lingkungan Kemendes PDTT dan sejumlah perwakilan dari Inspektorat Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi di wilayah Barat yaitu Sumatera, Kalimantan, dan jawa.

Sekretaris Jenderal KemendesPDTT, Anwar Sanusi memberikan arahan dan membuka kegiatan Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa (PID)2018 di Hotel JS Luwansa Kuningan - Jakarta, selasa, (24/10/18)

Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Rabu (24/10) mengadakan workshop Pengawasan Program Inovasi Desa (PID) di Hotel JS Luwansa Jakarta.

Workshop yang bertemakan Membangun Sinergisitas Pengawasan Program Inovasi Desa dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian dan Kreativitas Masyarakat Desa dibuka oleh Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi menyampaikan, workshop ini bertujuan sebagai sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) serta dalam rangka membangun sinergi kegiatan pengawasan PID, antara Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota dengan Inspektur Jenderal (Itjen) Kemendes PDTT selaku pengawas internal.

"Adanya sinergitas ini agar diperoleh persamaan persepsi dalam melaksanakan pengawasan Program Inovasi Desa (PID) untuk mewujudkan tercapainya tujuan pemanfaatan dana desa yang lebih optimal," katanya.

Anwar berharap workshop terkait program inovasi desa ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif atau mampu diterima dengan baik dan dapat menjadi bahan dalam merumuskan aneka formula dalam rangka penguatan pengawasan baik terkiat dana desa maupun terkait dengan PID.

"Sumbangan pemikiran ini akan menjadi bahan dalam rangka menyusun model satu kordinasi yang sinergis terkait pengawasan program inovasi desa. Marilah kita wujudkan tujuan dari alokasi dana desa yakni untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa," katanya.

Dalam kegiatan workshop ini diikuti oleh sekitar 150 peserta dari para pejabat di lingkungan Kemendes PDTT dan sejumlah perwakilan dari Inspektorat Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi di wilayah Barat yaitu Sumatera, Kalimantan, dan jawa.

Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber dari beberapa instansi di antaranya dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, BPKP, Polri, dan Kejaksaan.

KEYWORD :

Info Kemendes Mendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :