Rabu, 24/04/2024 09:09 WIB

Api APG 2018 Bermalam di Kedaton Ternate

MPR

Jakarta - Panitia Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) menyerahkan lentera api Asian Para Games (APG) 2018 kepada kesultanan ternate di Kedaton Ternate pada Sabtu (8/9).

Wakil Ketua IV INAPGOC Raden Isnanta menyampaikan bahwa api abadi yang berasal dari mrapen jawa tengah tersebut telah melewati prosesi dikota solo. Api yang dibawa dengan lentera ini telah dikirabkan mengelilingi kota solo.

"Hari ini (Sabtu,Red), api yang kita ambil dari Mrapen Jawa Tengah kali ini telah memasuki Ternate. Kami sudah serahkan kepada pemerintah kota ternate dan juga kesultanan Ternate," kata Raden Isnanta yang juga menjabat sebagai Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Api APG 2018 yang telah diserahkan tersebut merupakan rangkaian kegiatan kirab obor keseluruh Indonesia sekaligus merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 yang berpusat di Ternate, Maluku Utara.

"Kehadiran dikota ternate ini menandakan bahwa semangat peduli terhadap kaum disabilitas dan semangat untuk kesetaraan terhadap kaum disabilitas akan berkobar dan terus menghiasi kehidupan sehari-hari di kota ternate," katanya.

Isnanta menyakini bahwa masyarakat ternate dan sekitarnya dari berbagai kalangan akan memberikan dukungan dan semangat yang kuat sesuai semangat api dalam mendukung, mendoakan dan ikut turut serta menyukseskan hajatan tingkat Asia yakni APG 2018 di Jakarta.

"Semoga, Indonesia berjaya, merah putih berkibar dan tentu masyarakat Indonesia termasuk di ternate mendukung dan menyukseskan gelaran olahraga ditingkat Asia itu," katanya.

Sementara itu, Walikota Ternate Burhan Abdurahman menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Ternate dan Kesultanan Ternate akan menyemayamkan Api obor APG 2018 selama satu malam di Kesultanan Ternate sebelum pawai obor di laksanakan.

"Kami, rakyat Maluku Utara, rakyat Ternate dan seluruh perangkat adat Kesultanan Ternate turut berbangga dan berbahagia karena telah diberikan kepercayaan untuk ikut bersama sukseskan APG 2018," katanya.

Lebih lanjut, Burhan menambahkan bahwa sesuai rencana yang telah disusun untuk pawai obor APG 2018, Api obor akan diarak dari Kesultanan Ternate menuju kawasan Landmark Ternate pada Minggu (9/9) pagi dengan dikawal bersama 2 ribu orang dari komunitas sepeda mengawal obor APG sebelum di bawa ke puncak acara Haornas di lapangan Kie raha pada malam harinya.

"Kami berharap gelaran Haornas akan sukses di Ternate dan insya Allah pegelaran ini akan menjadi motivasi besar bagi rakyat ternate dan maluku utara untuk bangkitkan olahraga di Indonesia pada masa datang, Ayo Olahraga, Bangun Indonesia," katanya.

KEYWORD :

INAPGOC Asian Games Ternate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :