Jum'at, 19/04/2024 08:51 WIB

Empat Tips Cegah Komedo Muncul Lagi

Munculnya komedo pada wajah memang sangat menganggu penampilan, apalagi jika sudah terawat masih muncul lagi.

Munculnya komedo pada wajah memang sangat menganggu penampilan (Foto: Ilustrasi/She)

Jakarta, Jurnas.com - Komedo yang merupakan jenis jerawat ringan ini muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak pada kulit sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Meskipun jerawat ringan, namun komedo terutama pada wajah akan mengganggu penampilan dan membuat makeup kamu tidak menempel sempurna.  Untuk mencegah komedo muncul terus Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.

1. Kenali jenis kulit

Untuk melakukan perawatan kulit, sebaiknya kenali dulu jenis kulit yang Anda miliki. Biasanya komedo muncul pada jenis kulit wajah berminyak. Jika sudah mengetahui jenis kulit Anda, akan lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.

Dengan begitu, kulit wajah yang berminyak akan menjadi bersih, segar dan kenyal. Kondisi seperti ini akan membuat komedo tidak akan muncul. Kemudian gunakan pelembab yang cocok bagi jenis kulit wajah Anda. Untuk kulit normal dan berminyak sebaiknya gunakan pelembab oil free.

2. Pilih pembersih yang tepat

Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, sebaiknya memilih pembersih wajah yang tepat. Pembersih yang tepat dapat membantu kulit wajah benar-benar bersih dan segar. Beri toleransi waktu selama sebulan untuk mengetes efektifitas pembersih yang Anda gunakan.

3. Hindari produk comedogenic

Selain debu, ternyata produk kecantikan seperti susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat dapat menimbulkan komedo.

Perlu diketahui jika bedak padat merupakan salah satu produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Terlalu lama menggunakan bedak padat bukan hanya komedo yang timbul tetapi juga akan tumbuh jerawat.

4. Jalani Pola Hidup Sehat

Bukan hanya melakukan perawatan dari luar, mencegah komedo timbul pada wajah juga harus dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat. Di antaranya dengan tidur dan istirahat yang cukup, serta menghindari stres.

Selain itu mengkonsumsi makanan sehat dengan nilai gizi yang tinggi juga dapat mencegah komedo. Jangan lupa membatasi konsumsi coklat, kacang-kacangan, telur, keju, alpukat, gorengan, santan, segala jenis susu dan makanan lain yang memiliki kadar lemak berlebih.

KEYWORD :

Cegah Komedo Tips Wajah Pembersih Muka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :