Selasa, 23/04/2024 23:56 WIB

Waspada, Jangan Abaikan Gejala-gejala Berikut pada Bayi

Pastikan untuk segera konsultasi ke dokter tentang kesehatan bayi Anda jika gejala-gejala ini terlihat pada anak Anda.

Ilustrasi dua balita (foto:google)

Jakarta - Ketika Anda memiliki bayi, anggaplah sudah sewajarnya Anda harus berurusan dengan penyakit pada suatu waktu. Sebagian besar waktu, bayi akan menderita sesuatu yang kecil yang bahkan tidak memerlukan perawatan dokter. Tapi akan ada waktu dimana Anda harus membawanya ke rumah sakit.

Kesulitan dengan bayi atau penyakit anak adalah sulitnya mencari tahu apa yang membuatnya sakit. Mereka hanya memiliki tangisan mereka untuk mengkomunikasikan masalah mereka dengan Anda dan itu menjadi tugas orangtua untuk menguraikan apakah mereka menangis karena mereka perlu diberi makan atau merasa sakit.

Tidak peduli berapa usia anak itu, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab orangtua untuk waspada terhadap gejala kesehatan yang buruk pada bayi. Berikut, kita akan melihat beberapa gejala yang tidak boleh diabaikan jika dilihat pada bayi Anda. Pastikan untuk segera konsultasi ke dokter tentang kesehatan bayi Anda jika gejala-gejala ini terlihat pada anak Anda.

Demam
Sementara demam tidak menimbulkan banyak kekhawatiran ketika dialami anak yang lebih tua, bayi dengan demam tidak boleh diabaikan. Jika bayi Anda kurang dari 4 bulan, suhu lebih dari 38 derajat Celcius bisa berbahaya. Pada bayi yang berusia lebih dari 4 bulan, Anda harus memperhatikan bagaimana bayi berperilaku selama demam. Jika bayi aktif dan tidak menunjukkan perubahan perilaku, Anda tidak perlu khawatir.

Masalah pernafasan
Anda harus selalu memperhatikan pernapasan bayi Anda. Jika bayi Anda bernapas lebih cepat dan lebih keras dari biasanya atau tampaknya bekerja keras untuk bernafas, ia harus menaikkan bendera merah. Carilah flare dari lubang hidung bayi dan jika kulit di sekitar atau di tulang rusuk sedang tersedot saat bernafas. Selain itu, waspadai uban atau pucat kulit dan suara siulan saat bernafas. Semua hal di atas dapat menjadi tanda-tanda kondisi seperti asma, croup, pneumonia atau bronkitis. Bawa anak Anda ke dokter sesegera mungkin.

Vomit berwarna hijau atau kuning
Bayi Anda akan banyak muntah selama beberapa tahun pertama kehidupannya. Tetapi jika dia membesarkan empedu hijau atau kuning, Anda perlu khawatir, karena ini bisa menjadi tanda usus yang tersumbat. Mungkin ada alasan lain seperti kelainan kongenital, pembengkokan bengkok atau penyumbatan mekonium. Tidak peduli apa alasannya, bayi Anda akan membutuhkan perhatian medis segera.

Bibir biru
Bibir biru sianosis pada bayi Anda tidak boleh diabaikan, karena disebabkan oleh kekurangan oksigen dalam darah atau karena masalah sirkulasi. Ada kemungkinan bahwa bayi mungkin memiliki penyakit jantung, asma atau radang paru-paru jika dia menunjukkan warna biru pada kulit. Terkadang, warna biru juga bisa disertai dengan kelelahan atau gejala neurologis lainnya. Semua gejala ini harus segera dibawa ke dokter.

Terlalu sering haus
Sungguh hal yang baik jika bayi Anda yang berusia lebih dari 6 bulan menyukai air. Tetapi berhati-hatilah jika bayi Anda tidak bisa mendapatkan cukup dari itu tiba-tiba. Harapkan dahaga bayi untuk naik jika musim panas atau jika bayi sudah sangat aktif pada hari itu. Tetapi jika bayi menginginkan seteguk cairan setiap saat, bicarakan dengan dokter Anda tentang hal itu, karena dapat disebabkan oleh diabetes tipe satu. Gejala lain diabetes adalah penurunan berat badan, terlalu banyak rasa lapar, kelelahan dan peningkatan volume dan frekuensi kemih.

Berdarah
Potongan dan luka adalah bagian dari masa kanak-kanak. Wajar jika anak Anda menghadapi banyak masalah pendarahan. Jika pendarahan tidak berhenti, Anda harus membawanya ke dokter. Sampai Anda bisa bertemu dokter, letakkan kain bersih dan beri tekanan lembut. Jika pendarahan berhenti, jagalah agar luka tetap bersih dan tertutup sampai ditangani medis.

Buang air kecil
Jika memungkinkan, perhatikan baik-baik fungsi urin bayi Anda. Kecuali bayi Anda sakit atau musim panas, jumlah air seni tidak boleh dikurangi. Juga, cari darah atau nanah di popok bayi Anda. Fontanel bayi tidak boleh depresi dan kulit tidak boleh menyusut, karena ini menunjukkan dehidrasi. Darah di popok juga mengarah ke infeksi saluran kencing. Perawatan medis harus disediakan untuk bayi Anda sesegera mungkin.

Penurunan berat badan
Jika bayi Anda kehilangan lebih dari 7 persen berat badannya, ia harus membunyikan beberapa lonceng peringatan. Tunggulah selama sepuluh hari lagi dan lihat apakah bayi mendapatkan semua beban itu kembali. Jika tidak, bawa dia ke dokter keesokan harinya. Meskipun kehilangan berat badan bukanlah penyakit itu sendiri, itu bisa menjadi indikator masalah mendasar yang parah.

KEYWORD :

Kesehatan Bayi Pengawasan Orang Tua Atasi Masalah Pernafasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :