Jum'at, 26/04/2024 04:04 WIB

Menengok Inseminasi Buatan di Singosari

BBIB Singosari menjadi salah satu kunci produksi semen beku untuk keberhasilan Upsus Siwab.

Kementerian Pertanian dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) menggelar pertemuan kehumasan pemerintah di Malang. (Foto: Istimewa)

Malang - Sekitar 100 Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) memiliki kesempatan menengok langsung program peningkatan produktivitas ternak sapi di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) pada pertemuan kehumasan pemerintah di  Malang 2-4 Mei 2018.

Berlokasi di lereng gunung Arjuna dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut, BBIB Singosari menjadi salah satu kunci produksi semen beku untuk keberhasilan Upsus Siwab.

Dengan luas 67,49 hektar, lahan BBIB Singosari sebagian besar lahannya digunakan untuk penyediaan hijauan pakan ternak baik rumput gajah, stargrass, odot, hingga indogofera yang kadar proteinnya sampai 27 persen.

"Populasi sapi di BBIB Singosari sebanyak 218 ekor. Semuanya merupakan pejantan unggul yang sudah diseleksi secara ketat untuk menyediakan semen beku seluruh Indonesia. Bahkan kita sudah ekapor ke beberapa negara dan terakhir ke Kyrgystan," kata Kepala Bidang Pemasaran dan Informasi BBIB Singosari, Sarastina.

Beberapa jenis sapi yang ada di BBIB Singosari antara lain sapi Bali 49 ekor, Limousin 64 ekor, Simmental 39 ekor, Brahman 15 ekor, Ongole 15 ekor, Brangus 1 ekor, Madura 6 ekor, FH 18 ekor, Wagyu 2 ekor, dan Angus 4 ekor.

Selain produksi semen beku, BBIB Singosari juga menyediakan layanan umum berupa bimbingan teknis, pelayanan masyarakat, konsultasi, pengujian mutu sperm, hingga penyewaan aset balai.

"Kawasan Singosari juga sudah menjadi tempat wisata, kami bekerjasama dengan banyak pihak untuk pengembangan balai ini juga untuk wisata," papar Sarastina.

Ada 21 Kementerian dan Lembaga yang ikut serta dalam kegiatan Bakohumas kali ini di antaranya Kementan, Kemenkopolhukam,  Kemenkop UKM, Kemendes PDTT, Kemenpora, Kemenlu, Kemenpar, Kemendag, Kemenristek Dikti, KemenPANRB, Kominfo, Wantimpres, Wantanas, BNPP, BNPB, KNKT, Ombudsman, Korpri, TVRI, TNI, dan Polri.

 

KEYWORD :

Kementan Bakohumas pangan Upsus Siwab IB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :