Kamis, 25/04/2024 16:51 WIB

Perusahaan AS akan Buka Bioskop di Arab Saudi

Arab Saudi, dengan populasi 32 juta, sebagian besar di bawah usia 30 tahun, diharapkan menjadi pasar terbesar di kawasan itu untuk bioskop.

Warga saudi menyaksikan komposer Yanni tampil di Putri Nourah binti Abdulrahman University di Riyadh, Arab Saudi, 3 Desember 2017 (Reuters / Faisal Al Nasser)

Jeddah - Kementerian Kebudayaan dan Informasi Saudi sudah meneken perjanjian dengan AMC untuk membuka sekitar 40 bioskop di 15 kota di Arab Saudi selama lima tahun ke depan. Pada 18 April bulan ini, AMC sudah berencana untuk membuka bioskop dengan film pertamanya di ibukota Saudi Riyadh.

Arab Saudi, dengan populasi 32 juta, sebagian besar di bawah usia 30 tahun, diharapkan menjadi pasar terbesar di kawasan itu untuk bioskop.
Desember lalu, Kementerian Kebudayaan dan Informasi mengumumkan, bioskop dapat beroperasi di Kerajaan mulai dari 2018, untuk pertama kalinya setelah 35 tahun.

Sekitar 350 bioskop dengan lebih dari 2.500 layar akan dibuka pada tahun 2030. Menteri Kebudayaan dan Informasi, Dr Awad bin Saleh Al-Awad, mengatakan bahwa pemberian lisensi pertama ini memberikan peluang investasi penting bagi industri bioskop.

Ia menjelaskan bahwa pasar Saudi sangat potensial, sebab sebagian besar penduduknya berusia di bawah 30, mereka ingin menonton film favorit mereka di negara mereka.

Selain itu, tujuan dari Visi Kerajaan 2030 adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menyediakan peluang rekreasi tambahan.  Bioskop akan membantu mendukung ekonomi lokal dan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja baru.

Visi 2030 telah menetapkan target untuk meningkatkan pengeluaran tahunan Arab Saudi pada kegiatan budaya dan rekreasi dari 2,9 perse dari total belanja rumah tangga Saudi menjadi 6 persen pada tahun 2030.

CEO AMC, Adam Aron mengatakan, perusahaan ini mengikuti dengan penuh kekaguman gerakan kreatif proyek-proyek pembangunan di Kerajaan untuk membuka sektor ekonomi baru.

"Kami tak sudah tak samba menyediakan layanan hiburan yang akan membuat semua orang menikmati waktu mereka dengan  pertunjukan film kelas dunia di seluruh Kerajaan," jelasnya, dikutip dari Arab News, Kamis (5/4)

Masuknya AMC ke pasar Arab Saudi bermitra dengan Dana Investasi Publik (PIF) melalui Perusahaan Pengembangan dan Investasi Rekreasi yang dimiliki sepenuhnya.

Kebijakan bioskop untuk membuka pasar lokal dengan penjualan tiket tahunan hingga USD1 miliar membuat rantai film terkemuka lainnya ingin masuk sebagai pasar terbesar di kawasan Teluk.

AMC Theaters adalah jaringan bioskop Amerika yang dimiliki dan dioperasikan oleh Wanda Group. Didirikan pada tahun 1920, AMC memiliki pangsa pasar teater Amerika terbesar di depan Regal Entertainment Group dan Cinemark Theaters.

KEYWORD :

Arab Saudi Bioskop AMC Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :