Selasa, 16/04/2024 14:39 WIB

Koleksi James Joyce Disumbangkan ke Perpustakaan New York

Koleksi 350 potong tersebut mencakup banyak edisi, foto, poster dan manuskrip yang ditandatangani dan ditulis, termasuk fragmen magnum opus

Patung James Joyce di pemakaman Fluntern Zurich, tempat ia dimakamkan (Foto: Reuters)

New York - Salah satu koleksi karya pribadi terkemuka penulis Irlandia James Joyce yang berpengaruh disumbangkan ke Perpustakaan dan Museum Morgan New York.

Koleksi 350 potong tersebut mencakup banyak edisi, foto, poster dan manuskrip yang ditandatangani dan ditulis, termasuk fragmen magnum opus "Ulysses" dan rekaman rekaman 78 RPM yang langka dari penulis.

Koleksi tersebut dirakit oleh pemilik galeri New York Sean Kelly dan istrinya Mary. "Sulit untuk diringkas dalam beberapa kata pentingnya pemberian yang luar biasa ini ke "Morgan Library & Museum"," kata direktur museum Colin Bailey.

"Ini menambah koleksi Joyce kami yang kecil namun terkemuka, dan langsung menetapkan Morgan sebagai pusat penelitian ilmiah yang terkait dengan kehidupan dan pekerjaan penulis," sambungnya

Museum ini merencanakan pameran publik pada tahun 2022, seratus tahun terbitan penerbitan "Ulysses." Kehidupan dan karya Joyce juga diperingati di James Joyce Center di Dublin dan dalam koleksi di University of Buffalo.

Perpustakaan Morgan adalah bekas perpustakaan pribadi John Pierpont "JP" Morgan, seorang tokoh sentral di dunia keuangan pada pergantian abad ke-20. Itu dibuka untuk umum oleh anaknya setelah kematiannya dan sejak itu menjadi sebuah museum yang berfokus pada sastra.

KEYWORD :

Irlandia New York James Joyce Perpustakaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :