Rabu, 17/04/2024 04:04 WIB

6 Keluhan Ibu Hamil Saat Bekerja di Kantor

Bekerja saat hamil memang bukanlah hal mudah, namun bukan berarti menghalangi seorang perempuan untuk tetap mengembangkan diri. 

ilustrasi kehamilan

Jakarta - Menjaga kehamilan dengan sembari bekerja memang membutuhkan dukungan. Tak dimungkiri terkadang keluhan-keluhan saat hamil bisa jadi akan Kamu rasakan. Tapi jangan khawatir ya, Anda tetap dapat mengatasi hal-hal tersebut tanpa mengesampingkan pekerjaan.

Berikut berbagai keluhan yang dapat muncul pada ibu hamil saat bekerja:

1. Mudah Lelah
Mudah lelah adalah salah satu keluhan ibu hamil yang paling sering dirasakan. Pembentukan plasenta, perubahan kadar hormon dan metabolisme secara alami menyebabkan tubuh menjadi mudah merasa lelah. Anda dapat tiba-tiba merasa sulit tidur di malam hari atau justru menjadi selalu mengantuk sepanjang hari.

Kehamilan tidak menghalangi seorang wanita untuk tetap bekerja. Namun, kadang keluhan yang muncul saat hamil dapat mengganggu aktivitas pekerjaan. Apalagi jika terjadinya saat Anda sedang berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk.

2. Nyeri Ulu Hati
Nyeri atau rasa panas pada ulu hati atau perut bagian atas adalah salah satu keluhan ibu hamil yang sebenarnya umum terjadi pada sebagian besar ibu hamil, terutama di bulan keempat hingga menjelang persalinan. Situasi ini umumnya disebabkan oleh naiknya isi perut ke kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi.

Rasa nyeri di perut bagian atas merupakan keluhan yang sering terjadi pada sebagian besar wanita hamil yang bekerja—dan bisa jadi merupakan gangguan ulu hati. Biasanya terjadi karena telat makan siang atau beban pekerjaannya sedang meningkat. Untuk mengurangi risiko nyeri ulu hati, makanlah dalam porsi kecil tapi sering.

3. Nyeri pinggang
Posisi duduk dalam jangka waktu lama selama di kantor bisa memicu keluhan sakit pinggang, terutama jika perangkat kerja tidak ergonomis serta posisi duduk selama bekerja tidak tepat. Usahakan untuk duduk dengan posisi yang tepat, sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman. Posisi duduk yang baik adalah duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. Paha menempel di kursi dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi.
 
4. Sakit kepala
Gejala sakit kepala bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau pengaruh paparan layar komputer selama bekerja. Jika sakit kepala sudah tidak dapat diatasi, segeralah berbaring untuk istirahat.

5. Kaki bengkak
Pembengkakan kaki saat hamil terjadi akibat penumpukan cairan di dalam tubuh, serta adanya tekanan pada pembuluh darah bagian bawah sehingga peredaran darah di daerah kaki menjadi melambat. Untuk mencegah kaki bengkak, hindari menyilangkan kaki saat duduk, dan usahakan untuk berjalan sambil meregangkan kaki setiap 30-45 menit.

6. Mual
Keluhan mual dapat terjadi pada awal trimester pertama. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan rasa sensitivitas yang berlebih terhadap aroma kuat di sekitar. Anda dapat mengatasi rasa mual dengan membawa camilan sehat ke kantor, serta makan dalam porsi kecil tapi sering.

KEYWORD :

Ibu Hamil Susu Terbaik Jaga Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :