Jum'at, 19/04/2024 13:50 WIB

Diet Pola Sehat Juga Beresiko, Ini yang Mesti Diperhatikan

Asosiasi merekomendasikan orang dewasa mengkonsumsi tidak lebih dari satu sendok teh garam sekitar 2.300 miligram (mg) sodium  sehari total. Untuk orang dewasa sekitar 1.500 mg setiap hari.

Aneka buah untuk jus

Jakarta - Peneliti menemukan bawah diet dengan pola yang sehat tidak akan mengimbangi kerusakan pada jantung karena terlalu banyaknya konsumsi garam.

"Temuan terbaru kami menunjukkan bahwa hubungan buruk asupan garam dengan tekanan darah tidak dapat ditangkal atau dikurangi dengan nutrisi lain yang dikonsumsi, termasuk sekitar 80 yang kami nilai," kata peneliti Queenie Chan.

Hal itu disebabkan banyak sodium makanan berasal dari makanan olahan. Karena itu penulis penelitian mengatakan, satu-satunya solusi adalah mengatur garam pada tingkat produksi.

"Karena garam hampir di mana-mana dalam persediaan makanan, industri makanan perlu mengurangi penambahan garam dalam pemrosesan makanan," kata Chan, seorang periset senior di Sekolah Kesehatan Masyarakat Imperial College London di Inggris.

Diet tinggi garam menyebabkan tekanan darah tinggi, penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Dan sodium yang sangat sedikit berasal dari shaker garam di atas meja.

Asosiasi merekomendasikan orang dewasa mengkonsumsi tidak lebih dari satu sendok teh garam sekitar 2.300 miligram (mg) sodium  sehari total. Untuk orang dewasa sekitar 1.500 mg setiap hari.

Tapi satu kaleng sup saja bisa memiliki 1.800 mg sodium, para ahli telah memperingatkan. Roti dan roti yang dimasak secara komersial, potongan dingin, keju, dan makanan ringan yang gurih seperti keripik, kerupuk, dan pretzel adalah makanan tinggi sodium lainnya.

Studi baru ini menemukan bahwa efek buruk garam pada tekanan darah tidak dapat ditanggalkan dengan makanan dengan buah, sayuran dan nutrisi lainnya, kata Chan.

"Bahkan air tidak akan membantu," kata seorang ahli gizi.

"Saya memiliki pasien yang mengatakan bahwa karena mereka minum air ekstra saat makan makanan tinggi sodium, seperti makanan China yang dibawa pulang, makanan tersebut menurunkan sodium dalam makanan," kata Samantha Heller, ahli gizi klinis senior di NYU Langone Medical Center di Kota New York.

"Sayangnya, ini tidak terjadi," kata Heller.

"Jika pizza beku, pai ayam, atau sandwich ham dan keju mengandung garam 1,340 mg, maka itulah jumlah yang harus dikelola tubuh Anda, meski anda sudah mencairkan," jelas Heller.

Salah satu solusi untuk mengurangi asupan garam, katanya, adalah membaca label nutrisi pada makanan dan membuat lebih banyak makanan segar di rumah.

"Ini bisa dilakukan dengan sedikit pemikiran dan perencanaan dan, akhirnya, akan membantu menghemat uang juga," kata Heller.

KEYWORD :

Garam Diet Sehat Jatung Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :