Jum'at, 19/04/2024 02:18 WIB

Akibat Perubahan Iklim, Hewan Lucu Ini Terancam Punah

Suhu Bumi makin hari makin memanas.

Penguin (foto: Asian Correspondent)

Jakarta – Suhu Bumi makin hari makin memanas. Akibat pemanasan global yang memicu perubahan iklim tersebut, kutub menghangat.

Salah satu hewan yang terdampak perubahan iklim ialah penguin. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Nature Climate Change, 70 persen penguin diprediksi bakal punah sebelum 2100. Apalagi penangkapan penguin dewasa ini makin marak.

Perubahan iklim membuat sumber makanan penguin bergerak jauh. Artinya, untuk bertahan hidup, seekor penguin harus terbang dan berenang lebih jauh lagi dari sebelumnya.

“Jika tidak ada tindakan yang bertujuan yang menghentikan atau mengendalikan pemanasan global, dan laju perubahan yang diinduksi manusia saat ini, yaitu perubahan iklim dan penangkapan berlebih, maka penguin akan punah dalam waktu dekat,” ungkap peneliti Celine Le Bohec kepada Guardian.

Sementara penguin harus mencari makan lebih jauh, penguin raja menjadi spesies yang paling menderita. Pasalnya penguin raja tidak bisa terbang. Demi mencari makanan, jenis ini rela berpuasa hingga satu minggu.

Kendati ilmuwan mencoba memindahkan penguin raja ke tempat yang memiliki sumber makanan, masalah tak bisa selesai begitu saja. Penguin raja tak mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

“Mereka hanya menempati segelintir pulau di Samudera Selatann, dan tidak semuanya cocok untuk berkembang biak,” imbuh rekan Le Bohec

KEYWORD :

Perubahan Iklim Kutub Utara Pemanasan Global Penguin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :