Jum'at, 19/04/2024 06:24 WIB

PMD Kemendes Tinjau Kesiapan Kunjungan Presiden Jokowi ke Ambon

Pengecakan yang dilakukan untuk kepastian penggunaan 30 persen dari belanja pembangunan Desa tersebut untuk upah pekerja serta kesiapan SDM pekerja.

PMD Kemendes Tinjau Kesiapan Kunjungan Presiden Jokowi ke Ambon

Jakarta - Presiden Joko Widodo menaruh perhatian khusus pada Program Padat Karya Tunai Desa yang bersumber dari Dana Desa. Ia jadwalkan akan mengunjungi Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, pada hari Selasa (13/2) mendatang. 

Dalam rangka kesiapan kunjungan Presiden tersebut, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ditjen  Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa (PPMD), Kemendesa PDTT,  M.Fachri didampingi Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler melakukan pengecekan langsung ke lokasi padat karya tunai di Desa pada minggu (11/2).

Pengecakan yang dilakukan terkait kesiapan lokasi kegiatan, administrasi perencanaan seperti RKP Desa dan APB Desa, kepastian penggunaan 30 persen dari belanja pembangunan Desa tersebut untuk upah pekerja serta kesiapan SDM pekerja.

Fachri mengatakan, akan meminta kepada para pendamping Desa untuk melakukan fasilitasi Desa dalam rangka mempercepat proses pencairan dana Desa dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKDesa).

"Kami ingin ada percepatan pencairan Dana Desa dari RKUD ke RKDesa tahap I  sebanyak 20% dari alokasi dalam minggu ini, syarat pencairan tersebut hanya APB Desa tahun 2018," katanya.

Wakil Walikota Ambon,  Syarif Hadler usai melakukan rapat dengan Pemerintah Desa atau Negeri dan Masyarakat Batu Merah menyatakan, pada tahun 2018 ini Desa Batu Merah, Kec. Sirimau akan melaksanakan padat karya

1). Jenis Pekerjaan: Pengerukan Sungai

2). Nilai Pekerjaan: Rp296.830.000,-

3). Upah: 157.031.250 (52,90%)

4). HOK (Hari Orang Kerja) 2.052.08

5). Lama Pekerjaan: 28 Hari

6). Desa: Batumerah Kec. Sirimau

"Sasaran pekerja nantinya merupakan rumah tangga miskin, penganggur dan semi penganggur, dan akan mendapatkan upah kerja perhari Rp75.000,- akan dibayarkan dalam perminggu" katanya.

"Normalisasi sungai mendesak untuk dilaksanakan karena dikhawatirkan akan terjadi banjir. Penyebabnya tak lain saluran sungai yang mampet akibat sampah yang memenuhi sungai," tandas Syarif Hadler.

Kegiatan padat karya ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Ambon, Walikota Ambon Richard Louhanapessy SH menyatakan akan mengerahkan jajaran pemerintah kota ambon untuk mendukung pelaksanaan padat karya tunai desa serta siap menerima kunjungan presiden di Kota Ambon.

Dalam rangkaian kunjungan kerja presiden Joko Widodo tersebut, akan dilaksanakan juga kegiatan pasar murah yang menyasar 3.000 rumah tangga miskin, pemberian bantuan 15 Badan Usaha Milik Desa serta bantuan modal 30 kelompok usaha masyarakat.

KEYWORD :

Info Kemendes Joko Widodo PMD Ambon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :