Sabtu, 20/04/2024 10:40 WIB

Indonesia Minta Bantuan MILF Bebaskan Sandera WNI oleh Abu Sayyaf

Beberapa waktu lalu muncul video tiga WNI itu meminta pertolongan kepada Presiden RI Joko Widodo. Video disebar oleh Kelompok Abu Sayyaf.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Jakarta  - Pemerintah Indonesia meminta bantuan kepada Moro Islamic Liberation Front (MILF) untuk membebaskan tiga orang warga Indonesia yang masih disandera oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada pimpinan MILF Al Haj Murad Ebrahim saat berkunjung ke Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kamis pagi tadi. Indonesia mengkhawatirkan kondisi WNI yang masih disandera.

Tiga WNI yang masih disandera merupakan warga asal Nusa Tenggara Timur. Beberapa waktu lalu muncul video tiga WNI itu meminta pertolongan kepada Presiden RI Joko Widodo. Video disebar oleh Kelompok Abu Sayyaf.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Armanatha Nasir mengatakan, Pemerintah Indonesia telah melakukan semua langkah untuk pembebasan tersebut. Armanatha juga menambahkan Pemerintah Indonesia meminta MILF untuk mencegah terjadinya kembali aksi dari kelompok teror Abu Sayyaf yang menyandera warga negara lain.

“Kita meminta dukungan bantuan support dari MILF apabila mereka bisa membebaskan sandera yang ada,” ujar Armanatha Nasir di Kemenlu RI pada Kamis.

Tujuan utama kedatangan delegasi MILF kali ini kata Armanatha untuk mempelajari proses perdamaian yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia saat tragedi Aceh. Armanatha mengklaim peran Indonesia sangat diakui baik di dalam negeri dan di Filipina Selatan. (AA)

KEYWORD :

Abu Sayyaf Nelayan Filipina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :