Jum'at, 26/04/2024 06:34 WIB

Bulan Darah akan Muncul di AS untuk Pertama Kalinya

Ketiga fenomena itu akan terlihat bersamaan di Australia terlebih dahulu, dan kemudian akan dilihat oleh sebagian besar Asia dan Amerika.

Penampakan Supermoon di Marseille, Prancis, Minggu (3/12) | foto: Jean-Paul Pelissier/Reuters

Jakarta - Fenomena supermoon akan mengitari bumi pada Rabu (31/1) dini hari. Selain itu akan ada blood moon (bulan darah) dan blue moon (bulan biru). Fenomena langka ini merupakan tontonan pertama kali di Amerika Serikat sejak tahun 1866.

Ahli astronomi yang berbasis di Inggris akan akan menyaksikan dua dari tiga fenomena alam yaitu supermoon dan bulan biru. Sementara, ketiga fenomena itu akan terlihat bersamaan di Australia terlebih dahulu, dan kemudian akan dilihat oleh sebagian besar Asia dan Amerika.

Ini akan sangat mengesankan di Amerika Utara, Alaska dan kepulauan Hawaii sesaat sebelum fajar. Bulan darah menampilkan tiga peristiwa astronomi yang berbeda.

Pertama, bulan biru adalah nama yang diberikan pada bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender. Kedua, supermoon adalah saat bulan tampak lebih besar dan lebih terang karena lebih dekat ke bumi daripada biasanya. Dan ketiga, bulan darah terjadi saat bulan melewati bayangan bumi, menyebabkan gerhana bulan total.

NASA akan menggelar acara tersebut dari tiga titik pandang di California, Los Angeles dan Arizona dari pukul 5.30 pagi waktu EST (pukul 10.30 waktu Inggris). Di Timur Tengah, Asia, Rusia timur, Australia dan Selandia Baru, akan terlihat saat bulan terbit di malam hari.

Gregory Brown, astronom di Royal Observatory Greenwich, memperingatkan bahwa tontonan penuh akan "tidak terlihat dari Inggris, bahkan tidak ada gerhana parsial".

Ia mengatakan saat terbaik menyaksikan bulan biru  adalah sekitar pukul 12.40, saat bulan berada pada posisi tertinggi. Brown mengatakan ada orang yang ingin melihat gerhana bulan di Kepulauan Inggris harus menunggu sampai 27 Juli, ketika akan ada "pemandangan yang lebih spektakuler" dari gerhana yang terlihat di tempat lain pada Selasa malam.

Menurut perkiraan NASA blood moon dapat disaksikan lagi pada Desember 2028

KEYWORD :

Supermoon Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :