Kamis, 25/04/2024 00:15 WIB

Miris, 65% Warganet Telan Mentah-mentah Informasi Dunia Maya

Pengguna internet atau kerap disebut warganet di Indonesia menelan mentah-mentah informasi yang beredar di dunia maya.

Ilustrasi Internet

Tangerang-Pengguna internet atau kerap disebut warganet di Indonesia menelan mentah-mentah informasi yang beredar di dunia maya. Sebanyak 65 persen dari mereka mempercayai informasi tersebut tanpa klarifikasi.

"Sebanyak 15 persen pengguna internet menelan mentah-mentah dan percaya benar, 50 persen percaya bahwa informasi di internet adalah benar," ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan kepada wartawan di Tangerang, Senin (18/12/2017).

Mengutip survei CIGI-Ipsos 2016, Semuel menyatakan, Indonesia berada di peringkat tujuh dunia pengguna yang langsung memercayai internet. Sebanyak 132 juta pengguna internet di Indonesia memiliki literasi digital yang memadai. Bahkan, tidak menyadari konten di internet dapat dipabrikasi.

Kondisi tersebut berbeda dengan negara lain. Jepang, misalnya, sebanyak 32 persen pengguna internetnya memiliki literasi digital yang tinggi.

"Jadi tidak percaya mentah-mentah informasi dari internet. Penting mengetahui siapa yang memberikan informasi dan media mana yang menyajikan informasi," ucap Semuel.

Semuel menuturkan, tanpa literasi digital yang memadai, setiap orang bisa memengaruhi pemikiran masyarakat tanpa disadari. Padahal, manfaat lain internet adalah keterbukaan mencari referensi lain untuk menemukan informasi yang benar.

Sementara itu, 81 persen pengguna internet di Indonesia memercayai perkataan pemerintah.

"Untungnya, (warganet) masih percaya apa yang dilakukan pemerintah," ujar dia.

KEYWORD :

Warganet Dunia Maya Literasi Digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :