Sabtu, 20/04/2024 21:06 WIB

Kenali Lima Langkah Cegah Cyberbullying pada Anak

Jika tidak disikapi dengan baik, maka mental anak rawan terganggu.

Ilustrasi kecanduan ponsel (foto: Jurnas)

Jakarta – Chloe Hine (13) nyaris bunuh diri, gegara aktivitasnya di media sosial. Ya, Chloe adalah korban intimidasi dunia maya atau cyberbullying. Beruntung, setelah gadis cilik ini diundang berbicara dengan Pangeran William ke Istana Kensington, traumanya perlahan-lahan membaik.

Chloe adalah satu dari sekian banyak yang menjadi korban cyberbullying. Di luar sana ada jutaan anak yang rentan terkena penindasan tersebut. Jika tidak disikapi dengan baik, maka mental anak rawan terganggu.

Bagaimana pun peran orang tua tidak bisa dilepaskan dalam hal ini. Sayangnya, orang tua yang seharusnya memberikan edukasi dan membimbing anak saat menggunakan gadget, malah terkesan tidak peduli akan aktivitas anak dengan gadgetnya.

Lalu, bagaimana seharusnya?

Dikutip dari Daily Star, inilah lima langkah supaya anak terhindar dari cyberbullying:

  1. Pendidikan online

Hidup di era generasi alpha tentu tidak bisa dipisahkan dengan teknologi dan produknya. Sebagai orang tua, Anda harus berbicara soal keamanan online kepada anak, agar si anak mengerti dan mampu menghindari hal-hal yang dapat membahayakannya.

  1. Berikan saran

Tidak perlu melarang, karena larangan Anda justru membuat mereka penasaran. Lebih baik, Anda memberikan saran dan berdiskusi tentang konten apa yang baik dan buruk bagi mereka.

  1. Segera catat dan laporkan bila ada cyberbullying

Jangan sampai anak menjadi korban cyberbullying dalam waktu lama. Usahakan Anda bisa mengakses gadget anak, dan memeriksa bila ada indikasi cyberbullying, dan laporkan jika ada bukti.

  1. Ajari keamanan berinternet

Pastikan anak-anak mengerti cara menjaga perangkat mereka, baik komputer maupun ponsel, dengan menggunakan kata sandi, PIN, atau sidik jari. Setidaknya gadget mereka tidak akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, selain untuk menjaga data pribadi mereka tetap aman.

  1. Ajari bertutur kata sopan

Buat anak sadar bahwa beberapa kata tertentu, misalnya, tidak layak diucapkan kepada orang yang lebih tua. Ajarkan juga anak bagaimana cara bertutur kata kepada orang yang lebih muda, teman dan sahabat, dan orang tua. Dengan menjaga sopan santun, mereka akan berusaha tidak membuat orang lain tersinggung.

KEYWORD :

Tips Cyberbullying Anak Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :